Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Pengantar Ilmu Ushul Fiqh: Metodologi Penetapan Hukum Islam

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.47
Tahun 2017
Halaman 320
ISBN 9786024221973
Penerbit Prenada Media Group
Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp75.600 Rp84.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Ushul fiqh adalah cabang ilmu yang sudah baku dalam pemikiran Hukum Islam, yang secara praktis dan historisnya ushul fiqh ini sudah ada sejak masa Nabi SAW. Cabang ilmu dalam kajian pemikiran Hukum Islam ini dijadikan sebagai panduan dalam memecahkan berbagai persoalan hukum yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya bagi kehidupan sosial kemasyarakatan umat.

Eksistensi ilmu ushul fiqh sebagai suatu metodologi sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari proses pengkajian Hukum Islam itu sendiri. Kini, dan bahkan nanti, belum ada cara atau sarana lain untuk mengkaji Hukum Islam, kecuali dengan menggunakan pendekatan ushuliyah.

Dalam suatu riwayat—setelah Nabi wafat—disebutkan bahwa Umar Ibnu al-Khatab, ketika beliau menjadi Khalifah selalu berpesan kepada para gubernur dan sahabat di berbagai wilayah Negeri Islam, jika menghadapi berbagai persoalan hukum supaya merujuk pada kitab suci AI-Quran dan al-Sunnah; dan jika tidak menemukan jawabannya, maka carilah persamaannya (analogi) dari kedua pijakan tersebut. Praktik dan kegiatan seperti inilah kemudian menginspirasi lahirnya "manhaj", yakni metodologi yang selanjutnya disebut ilmu ushul fiqh—yang kerangka epistemologi, ontologi, dan aksiologinya dirumuskan secara baku pada era ulama-ulama besar Islam.

Buku Pengantar Ilmu Ushul Fiqh: Metodologi Penetapan Hukum Islam ini dirancang dengan sistematika penulisan yang mudah dipahami, bukan saja hanya untuk kalangan mahasiswa, melainkan juga bagi masyarakat umum, praktisi, dan peminat yang concern terhadap Hukum Islam. Meskipun telah ada sejumlah buku ushul filth—bail dalam bahasa asing maupun bahasa Indonesia—namun buku ini memiliki kekhasan tersendiri yang tidak dimiliki oleh buku-buku referensi ushul fiqh lainnya.

Kekhasan buku ini, di samping gaya bahasanya yang simpel dan mudah dipahami, juga setiap pokok bahasan selalu disertai dengan berbagai contoh faktual yang menguatkan pemahaman bagi pembaca yang mempelajarinya.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bab 1 Pendahuluan

Bab 2 Tentang Hukum Syara dan Pembagiannya

Bab 3 Dalil Hukum dan Sistematika Sumber dalam Istinbath

Bab 4 Kedudukan Sumber Dalil dalam Istinbath Hukum

Bab 5 Pemahaman Lafal Nash dan Karakteristiknya

Bab 6 Masalah Taarud Al-Adillah dan Tarjih
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)