Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Kedokteran & Kesehatan    Kesehatan

Pemberantas dan Penanggulangan Tuberkulosis (Edisi Revisi)

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.42
Tahun 2017
Halaman 233
ISBN 9786029018763
Penerbit Gosyen Publishing
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp67.500 Rp75.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-6 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang masalah utama bagi kesehatan masyarakat. Dilaporkan penyakit ini sebagai penyebab utama kematian di kalangan penyakit menular, termasuk penyumbang meningkatnya angka kematian ibu (AKI). Oleh karena itu pemerintah telah berupaya memberantas penyakit ini, namun belum berhasil secara tuntas, sejak tahun 1995 Pemerintah kita telah sepakat memberantasnya dengan strategi DOTS (directy observed treatment short). Setelah lima belas tahun program ini menunjukkan adanya kemajuan dibandingkan dengan program pemberantasan penyakit tuberkulosis pada masa silam. Akan tetapi dalam pelaksanaannya strategi DOTS belum optimal menurunkan insiden tuberkulosis karena sebagaian besar program diprioritaskan pada tahapan penanganan dan pengobatan penderita tuberkulosis dengan baik benar dan tuntas. Namun pada tahapan pencegahan dan pengendalian (epidemiologi) seperti penjaringan secara aktif yang melibatkan peran masyarakat secara mandiri belum utuh dan aplikatif.
Sebagai jawaban persoalan di atas, buku ini dikemas dalam rangka meningkatkan intensitas kinerja program secara aktif yaitu penjaringan dan penemuan penderita secara komprehensif, dimulai dari tahapan perencanaan dengan pendekatan metode management by objectives (MBO). Tahapan penggerakkan yang dibekali dengan keterampilan teknis petugas dengan pemahaman standar dan prosedur pelayanan yang komprehensif yaitu melibatkan semua komponen termasuk sosialisasi melalui penguasaan media massa sedangkan tahapan evaluasi, mengaplikasikan metode berpikir sistem dengan paradigma epidemiologi berbasis data dan fakta (bukti). Oleh karena itu pada edisi revisi buku ini dilengkapi bab epidemiologi dan uji diagnostik.
Diharapkan buku ini mampu meningkatkan keterampilan provider dan stakeholder tidak hanya bagi petugas program tuberkulosis melainkan semua komponen pelaku pembangunan yang peduli terhadap pemberantasan dan penanggulangan tuberkulosis sebagaimana yang diamanatkan dalam program MDGs yang melibatkan multi sektoral.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
(Kembali Ke Atas)