Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Keguruan

Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian

Oleh Rusman
Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.57
Tahun 2015
Halaman 372
ISBN 9789797698454
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp92.700 Rp103.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pembelajaran tematik terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik, baik secara individual maupun kelompok, aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik. Pembelajaran terpadu berorientasi pada praktik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan dasar (SD/MI).

Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang dikemas dalam bentuk tema-tema berdasarkan muatan beberapa mata pelajaran yang dipadukan atau diintegrasikan. Tema merupakan wadah atau wahana untuk mengenalkan berbagai konsep materi kepada anak didik secara menyeluruh. Tematik diberikan dengan maksud menyatukan konten kurikulum dalam unit-unit atau satuan-satuan yang utuh, sehingga membuat pembelajaran sarat akan nilai, bermakna dan mudah dipahami oleh siswa

Pembelajaran tematik terpadu diyakini sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif karena mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi afeksi, emosi, fisik, dan akademik peserta didik di dalam kelas atau di lingkungan sekolah.

Premis utama pembelajaran tematik terpadu adalah bahwa peserta didik memerlukan peluang-peluang tambahan (additional opportunities) untuk menggunakan talentanya, menyediakan waktu bersama yang lain untuk secara cepat mengkonseptualisasi dan mensintesis. Pembelajaran tematik terpadu sangat relevan untuk mengakomodasi perbedaan-perbedaan kualitatif lingkungan belajar, dan diharapkan mampu menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Pembelajaran tematik terpadu sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher levels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills), sebuah proses inovatif bagi pengembangan dimensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dituntut dalam KTSP maupun Kurikulum 2013.

Pembelajaran tematik terpadu diterapkan di kelas 1 sampai kelas 6 SD/MI dan PAUD pada Kurikulum 2013, sedangkan pada kurikulum 2006 (KTSP) diterapkan di kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI dan PAUD.

Melalui buku ini dipaparkan: Kebijakan Pemberlakuan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Standar Proses Pendidikan, Kurikulum 2013, Kurikulum Terpadu, Konsep dan Karakteristik Pembelajaran Tematik Terpadu, Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu, Implikasi Pembelajaran Tematik Terpadu, Pendekatan Saintifik, Penilaian Autentik, dan Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran Tematik Terpadu.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik (guru, gadik, ustadz, dan pamong) dan tenaga kependidikan, serta bagi para mahasiswa S1, S2 dan S3 yang sedang belajar dan mendalami bidang pembelajaran tematik terpadu pada pendidikan dasar (SD/MI) dan PAUD.

 
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis
Kunandar
Rp87.300 Rp97.000
Termodinamika Teknik (Jilid 2) (Edisi 4)
Michael J. Moran
Rp211.500 Rp235.000
Evaluasi Kurikulum
Hamid Hasan S.
Rp58.500 Rp65.000
Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Munir
Rp40.500 Rp45.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)