Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Keguruan

Pembelajaran Berbasis Riset

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.20
Tahun 2013
ISBN 9786028381581
Penerbit Akademia
   Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat
Soerjono Soekanto
Rp39.600 Rp44.000
Penelitian Hukum (Edisi Revisi)
Peter Mahmud Marzuki
Rp72.000 Rp80.000
Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning
M. Taufiq Amir
Rp37.800 Rp42.000
A Handbook of English Grammar (Tata Bahasa Inggris Lengkap)
Slamet Riyanto
Rp94.500 Rp105.000
Lainnya+   

Sinopsis

 Tuntutan terhadap proses pembelajaran yang berkualitas semakin tinggi seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman. Proses pembelajaran diharapkan mampu menyiapkan generasi bangsa untuk menghadapi tantangan dan kompetensi yang dibutuhkan di masa depan. Proses pembelajaran seperti inilah yang menjadi kajian mendasar dalam kerangka pembelajaran dalam pendidikan. Faktor lain yang menyebabkan betapa pentingnya pendidikan yang sesungguhnya adalah maraknya fenomena negatif yang menggejala di masyarakat. Selain itu adanya persepsi masyarakat yang menganggap bahwa pembelajaran sekadar mengoptimalkan aspek kognitif merupakan tantangan baru dunia pendidikan untuk meluruskan perspektif tersebut.

 

Proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pendidikan diharapkan mampu mencetak lulusan-lulusan yang memiliki karakter mulia, keterampilan-keterampilan yang relevan, dan pengetahuan-pengetahuan yang terkait. Oleh karena itu proses pembelajaran yang diharapkan mampu melibatkan keaktifan siswa secara maksimal baik dengan pendekatan teacher centered learning maupun student centered learning. Kuncinya adalah bagaimana proses pembelajaran yang diberikan lebih bersifat kontekstual dan adanya kesesuaian antara materi dan sistem penilaian yang dilaksanakan.

 

Riset (penelitian) sebagai proses penyelidikan atau pencarian yang saksama untuk memperoleh fakta baru dalam cabang ilmu pengetahuan merupakan konsep yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran. Dengan penerapan pendekatan pembelajaran berbasis riset diharapkan karakter yang terbentuk dalam diri peserta didik adalah jiwa seorang saintis (ilmuwan). Sikap tersebut ditandai dengan sikap rasa ingin tahu yang tinggi, mampu menyelesaikan setiap permasalahan, dengan sikap berpikir secara sistematis, objektif, dan memiliki dasar pemikiran yang kuat.

 

Proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis riset adalah pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk mampu menemukan, mengeksplorasi (mengembangkan pengetahuan) untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, dan kemudian menguji kebenaran pengetahuan tersebut. Adapun interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan pendidik adalah interaksi yang bersifat aktif. Pendidik berperan sebagai fasilitator, dan mediator dalam rangka membawa peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
(Kembali Ke Atas)