Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Pendidikan

Pancasila

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.25
Tahun 2016
Halaman 248
ISBN 9789790765535
Penerbit Pustaka Setia
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp40.500 Rp45.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pancasila sebagai Dasar Filsafat Negara – Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan
Bangsa Indonesia – Pancasila sebagai Sistem Filsafat – Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan dalam Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara – Kewarganegaraan – Identitas Nasional – Negara – Membina Kesadaran Konstitusi – Demokrasi di Indonesia – Geopolitik Indonesia dan Wawasan Nusantara – Otonomi Daerah – Hak Asasi Manusia – Good Governance – Masyarakat Madani – Nilai-nilai Pancasila dan Pemilihan Umum di Indonesia – Peran Kaum Muda dalam Proses Internalisasi Nilai-nilai Demokrasi Pancasila – Aktualisasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara – Nasionalisme, Negara, dan Jati Diri Bangsa – Identitas Kultural Indonesia dan Homogenisasi Global – Amandemen Kelima UUD 1945 sebagai Langkah Mewujudkan Arsitektur Konstitusi Demokratik

Pancasila sebagai dasar filsafat negara dan filsafat hidup bangsa Indonesia pada hakikatnya mengandung nilai-nilai yang bersifat sistematis, fundamental, dan menyeluruh. Sila-sila Pancasila merupakan kesatuan yang bulat dan utuh hiererkis serta sistematis. Dalam pengertian ini, sila-sila Pancasila merupakan sistem filsafat. Konsekuensinya, kelima sila tidak terpisah-pisah dan memiliki makna sendiri-sendiri, tetapi memiliki esensi dan makna yang utuh.
Secara kausalitas, nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif. Artinya, esensi nilai-nilai Pancasila bersifat universal, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Dengan demikian, Pancasila dimungkinkan dapat diterapkan di negara lain walaupun tidak dengan nama Pancasila. Dengan kata lain, jika suatu negara menggunakan prinsip filosofi bahwa negara berketuhanan, berkemanusiaan, berpersatuan, berkerakyatan, dan berkeadilan, negara tersebut pada hakikatnya menggunakan dasar filsafat dari nilai sila-sila Pancasila.
Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia pada hakikatnya merupakan sumber dari segala sumber hukum dalam negara Indonesia. Sebagai suatu sumber dari segala sumber hukum, Pancasila secara objektif merupakan suatu pandangan hidup, kesadaran, cita-cita hukum, serta cita-cita moral yang luhur meliputi suasana kejiwaan dan watak bangsa Indonesia, yang pada tanggal 18 Agustus 1945 telah dipadatkan dan diabstraksikan oleh para pendiri negara menjadi lima sila dan ditetapkan secara yuridis formal menjadi dasar filsafat negara Republik Indonesia.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut

Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA
Desmita
Rp65.700 Rp73.000
Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi (Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa)(Edisi 3)
Syahrial Syarbaini
Rp89.100 Rp99.000
Pembinaan  Kreativitas Anak Guna Membangun Kompetensi
Nurhalim Shahib
Rp40.500 Rp45.000
Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan
Achmad Juntika Nurihsan
Rp32.400 Rp36.000
Filsafat Etika Islam
Muhammad Alfan
Rp31.500 Rp35.000
(Kembali Ke Atas)