belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Paku Buwono X: 46 Tahun Berkuasa di Tanah Jawa

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.34 kg
Tahun 2014
ISBN 9789791683913
Penerbit Narasi
   Buku Sejenis
 
Persediaan Habis
Persediaan Buku sedang habis. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat persediaan sudah ada?

Sinopsis

 "Saking besarnya pengaruh Paku Buwono X, saat berbagi wilayah di tanah air mengibarkan bendera Belanda, Surakarta menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang bebas mengibarkan bendera merah putih yang saat itu mendapat sebutan bendera Gula Kelapa."

***

Paku Buwono X (PB X) adalah tokoh nasional yang unik dan istimewa. Mendapat gelar sebagai pahlawan nasional pada 8 November 2011. Sebagai priyayi dan raja, beliau mengajarkan kepada khalayak luas cara berjuang tanpa kekerasan fisik (pertumpahan darah) melawan dikte pemerintah Belanda. PB X menjalankan konsep kenaa iwake aja nganti buthek banyune sebisa mungkin mendapatkan ikannya tanpa memperkeruh airnya.

Raja Paku Buwono X disebut Sinuhun Wicaksana atau raja besar dan bijaksana, gemar blusukan menemui rakyatnya, sebagai raja gaul, glamor, up to date terhadap kemajuan dan selera zaman, juga senang pada sesuatu yang indah dan megah. PB X adalah orang pertama di Indonesia yang memiliki mobil Benz Pheaton (sekarang Mercedes Benz). Namun jangan salah persepsi, di balik sikapnya itu PB X sangatlah tahu kewajibannya sebagai raja yang harus ngayomi dan peduli menyejahterakan rakyatnya.
Buku ini ditulis untuk semua kalangan. Berisi ringkasan sejarah panjang masa kejayaan keraton Surakarta di bawah pimpinan Raja Paku Buwono X. Penceritaan kembali dengan bahasa sehari-hari yang sederhana agar semua pihak bisa mengenal lebih dekat PB X. Semoga perjalanan dan gambaran perjuangan PB X memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik .
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)