Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Politik

Multikulturalisme dan Politik Identitas: Dalam Teori dan Praktik

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.58
Tahun 2020
Halaman 282
ISBN 9786232312470
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp94.500 Rp105.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim hari ini bila pembayaran diterima SEBELUM pukul 15.30 WIB. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Multikulturalisme dan politik identitas dalam beberapa tahun terakhir menjadi kata kunci (keyword) yang sangat populer dalam literatur akademik. Kosa kata multikulturalisme dan politik identitas juga menjadi wacana penuh kontroversi dalam ranah politik praktis. Di banyak negara, bahkan juga di negara-negara demokrasi Barat, masih terdapat banyak kesalahpahaman, kekeliruan, syak wasangka, kecurigaan, bahkan kebencian terhadap kedua konsep tersebut.

Diskursus tentang pentingnya multikulturalisme acapkali dikaitkan dengan merebaknya masalah politik identitas. Multikulturalisme dan politik identitas selama ini dianggap berada dalam posisi yang saling berlawanan. Orang-orang yang memperjuangkan multikulturalisme biasanya sensitif atau malah menentang politik identitas. Sebaliknya mereka yang menjadi pelaku politik identitas pada umumnya tidak menerima kehadiran multikulturalisme.

Dalam politik Indonesia kontemporer, para pendukung multikulturalisme dan politik identitas seolah-olah berada dalam posisi berhadapan dan saling menolak satu sama lain. Pendukung multikulturalisme diwakili oleh mereka yang mengklaim dirinya pembela Pancasila dan NKRI. Sementara itu, pendukung politik identitas disematkan pada para aktivis Islam politik yang heboh dengan gerakan 212-nya. Ini salah satu contoh bagaimana multikulturalisme dan politik identitas masih dipahami secara dangkal dan keliru di Republik ini.

Dengan membaca buku ini, kita akan memperoleh pencerahan bahwa persepsi kita tentang multikulturalisme dan politik identitas selama ini kurang tepat. Buku yang sarat dengan ulasan teoretis ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang multikulturalisme dan politik identitas. Pengembaraan ke pelbagai contoh praktik dan sejarah multikulturalisme dan politik identitas di berbagai negara yang sangat menonjol dalam buku ini, juga akan memperkaya khasanah pengetahuan kita tentang dua tema kontroversial tersebut.

Selain penting bagi para penstudi dan akademisi dari disiplin ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Antropologi, dan Sosiologi, buku ini juga sangat relevan untuk menjadi bacaan wajib para politisi, aktivis, policy makers, dan siapa saja yang hidup dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Pembangunan Politik
Muslim Mufti
Rp58.500 Rp65.000
Filsafat Pancasila Menurut Bung Karno
Sukarno
Rp54.000 Rp60.000
Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan: Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi (Edisi 4)
Winarno
Rp81.900 Rp91.000
Marketing Politik (Edisi Revisi)
Firmanzah
Rp157.500 Rp175.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)