belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Multikulturalisme: Cerdas Membangun Hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.39 kg
Tahun 2015
Halaman 176
ISBN 9790624913
Penerbit Indeks
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp49.500
Harga Normal:Rp55.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

 Multikulturalisme itu proses (konstruksionis) bukan produk-jadi (essensialis) yang bisa dihasilkan pada suatu titik waktu. Maka multikulturalisme harus dievaluasi dan direfleksikan, dan dibahas terus menerus dalam sebuah proses yang selalu mengayun di antara stabilitas dan dinamika. Karena itu multikulturalisme adalah exercise. Dengan latihan terus menerus, kita semakin cerdas membangun,mengkonstruksi dan menjalani hidup bersama yang stabil sekaligus dinamis.

Multikulturalisme sering ditolak agamawan dan dianggap merongrong iman karena terkesan membenarkan semua ajaran sebagai benar (sinkretisme). Multikulturalisme juga ditampik gerakan feminis karena terendus membenarkan semua praktik budaya yang dianggap merendahkan martabat kaum perempuan. Kritik dan penolakan ini harus menjadi bagian dari proses pemurnian multikulturalisme. Multikulturalisme seyogianya tetap memegang teguh prinsip-prinsip etis (bukan sekadar etiket), dalam menguji setiap praktik budaya dalam arti luas.

Multikulturalisme bukan gerakan romantik yang mencita-citakan suatu masyarakat yang hidup bersama secara damai dan tenang, tanpa ada gejolak apa pun. Ini multikulturalisme utopis. Dalam multikulturalisme ada stabilitas dan dinamika. Ada kesan seolah-olah stabilitas hanya bisa dibangun tanpa dinamika. Begitu juga sebaliknya bahwa dinamika akan meniadakan stabilitas. Padahal stabilitas sejati baru ada ketika ada dinamika sejati. Begitu juga dinamika sejati baru ada kalau ada stabilitas sejati yang menjadi tempat tumpunya.

Buku ini ingin berkontribusi dalam upaya bersama mewujudkan kebaikan bersama, dengan membangun sikap hidup multikulturalistik dalam masyarakat yang pluralistik.
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Ideologi Pancasila Berbasis Multikulturalisme: Sebuah Pengantar
Hendar Putranto
Rp63.000 Rp70.000
Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa
Yaya Suryana
Rp54.000 Rp60.000
Strategi Pembelajaran Bahasa
Iskandarwassid
Rp64.350 Rp71.500
Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
Sugiyono
Rp64.800 Rp72.000
Ilmu Pemerintahan (Edisi Revisi)
Inu Kencana Syafiie
Rp76.500 Rp85.000
(Kembali Ke Atas)