Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Mukhlis Akhadi
Mukhlis Akhadi
,
Ulasan:
Penanggalan Radioaktif: Mengungkap Sejarah dan Peradaban Bumi dengan Teknik Nuklir
Rating: 4 dari 5 Bintang!, 28/03/2019
Bahan-bahan radioaktif yang terbentuk secara alamiah atau lebih sering dikenal dengan sebutan radionuklida alamiah telah ada bersamaan dengan kelahiran alam semesta. Secara garis besar, radionuklida alamiah itu dapat dikelompokkan menjadi dua bergantung pada tempat dimana bahan itu ditemukan. Kelompok pertama disebut sebagai radionuklida primordial yang terbentuk secara alamiah dan ditemukan di dalam perut bumi. Kelompok kedua disebut sebagai radionuklida kosmogenik yang terbentuk sebagai hasil interaksi antara radiasi kosmis dari ruang angkasa dengan atom-atom penyusun atmosfer bumi.

Bagi para ilmuwan, keberadaan radionuklida alamiah itu ternyata memberi manfaat yang sangat besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Interaksi radionuklida alamiah dengan berbagai komponen di alam semesta ini telah menghasilkan suatu laboratorium alam bagi para peneliti fisika nuklir. Radionuklida primordial yang ditemukan pada bagian kulit bumi telah dimanfaatkan untuk studi penanggalan dalam bidang geologi dan arkeologi, sedang radionuklida kosmogenik telah dimanfaatkan untuk penanggalan terhadap temuan-temuan fosil dan barang-barang bersejarah di bidang arkeologi.

Buku yang sedang ada di tangan pembaca ini mengupas pemanfaatan radionuklida alamiah untuk penanggalan radioaktif (radioactive dating). Di dalamnya dibahas secara komprehensif hal-hal yang berkaitan dengan radionuklida primordial dan radionuklida kosmogenik. Dibahas pula hal-hal yang terkait dengan teknik penanggalan dengan mengandalkan kedua jenis radionuklida tersebut baik di bidang geologi maupun arkeologi, disertai dengan contoh-contoh prestasi konkrit yang telah dihasilkan dari pemanfaatan teknik tersebut. Selesai membaca buku ini diharapkan akan muncul gambaran obyektif tentang peran penting teknologi nuklir dalam studi geologi dan arkeologi. Aplikasi teknologi nuklir telah memberi sumbangan yang nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan di kedua bidang tersebut. Selamat membaca.
 
©2008-2021 - Belbuk.com
Jl. As'syafiiyah No. 60B, Cilangkap, Jakarta Timur 13870
Tlp. 021-22811835 (Senin s/d Jumat Pkl 09.00-18.00 WIB)