Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Teknik & Ilmu Pengetahuan    Statistik & Penelitian

Metodologi Penelitian: Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.80
Tahun 2020
Halaman 530
ISBN 9786230104657
Penerbit Andi
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp152.100 Rp169.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pada buku ini, Penulis menyajikan banyak pembahasan seputar metodologi penelitian secara kuantitatif dan kualitatif dari berbagai sumber referensi yang relevan dengan pemahaman yang mudah ditangkap oleh Pembaca. Bab 1 membahas tentang pemahaman terkait ilmu pengetahuan dan penelitian, mulai dari hakikat/esensi, makna, perbedaan paradigma ilmu pengetahuan dan penelitian, cara berpikir, hingga pemikiran analitis dan sintetis. Bab 2 membahas tentang tren fokus dan kemanfaatan penelitian yang terdapat kecenderungan penelitian yang dibahas hingga memilih topik dan metode penelitian juga penjelasan tentang deduktif dan induktif hingga menjelaskan terkait tujuan dan kemanfaatan penelitian. Bab 3 membahas tentang penentuan judul dan problematik penelitian berdasarkan situasi, kondisi, dan fenomena yang terjadi hingga terbentuk rumusan permasalahan penelitian dengan beragam pertimbangan yang dapat dipelajari. Bab 4 membahas tentang pendekatan penelitian baik secara ilmiah maupun non-ilmiah beserta penjelasan yang menjadi perbedaannya.

Bab 5 membahas tentang desain dan perencanaan penelitian yang di dalamnya juga menjelaskan cakupan desain pada proposal penelitian dan tak hanya mengulas bagaimana mengkaji dan memantapkan proposal penelitian, tetapi juga bagaimana cara mengatur personalia (tim peneliti), usulan rencana anggaran biaya penelitian, dan jadwal pelaksanaan kegiatan penelitian. Bab 6 membahas tentang karakteristik data, manfaat dan fungsi data, klasifikasi sumber data serta urgensi data dalam penelitian. Bab 7 membahas tentang konsep dan konseptualitas penelitian, cara membuat kerangka konsep penelitian, karakteristik variabel, hingga penjelasan pada hubungan antarvariabel. Bab 8 membahas tentang karakteristik, perumusan hingga perbedaan antara hipotesis dan proposisi penelitian. Bab 9 membahas tentang prosedur penelitian yang terdapat perbedaan prosedur antara penelitian eksakta dengan penelitian non-eksakta, penjelasan melalui flowchat dan skema alur penelitian hingga pemahaman tentang standar operasional prosedur (SOP) penelitian.

Bab 10 membahas tentang karakteristik dan peranan teori penelitian, bagaimana memunculkan teori melalui pemikiran yang lateral (out of the box), juga penjelasan tentang deskripsi dan karakteristik jenis terkait studi kepustakaan. Bab 11 membahas tentang jenis, format, dan metode penelitian hingga pertimbangan dalam menentukan metode penelitian, antara metode penelitian kuantitatif ataupun kualitatif. Bab 12 membahas tentang ruang lingkup penelitian serta objektivitas dan subjektivitas penelitian. Bab 13 membahas tentang instrumen penelitian dan langkah-langkah prosedural pembuatan instrumen penelitian tersebut (baik secara kuantitatif maupun kualitatif) serta menjelaskan tentang focus group discussion (FGD) dan validitas hingga reliabilitas suatu penelitian. Bab 14 membahas tentang populasi, sampel, dan sampling.

Bab 15 membahas tentang jenis skala, cara penyusunan skala, dan prinsip pengukuran skala. Bab 16 membahas tentang definisi, fungsi, tujuan, peranan, karakteristik, hingga analisis terkait statistik penelitian. Bab 17 membahas tentang teknik pengumpulan data dan teknik pengolahan data baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Bab 18 membahas tentang prinsip-prinsip dalam menganalisis data hingga metode analisis data (kuantitatif dan kualitatif). Bab 19 membahas tentang prosedur pembuatan laporan penelitian secara sistematis dengan beberapa yang hal yang perlu diperhatikan, adanya sasaran penyampaian yang tepat hingga mengulas kelemahan dalam membuat/menyusun laporan penelitian. Bab 20 membahas tentang interpretasi hasil penelitian dan diskusi teoretis yang relevan antara teori yang digunakan dengan analisis hasil penelitian. Bab 21 membahas tentang karakteristik, peran, problematik, serta etika yang dimiliki sebagai seorang peneliti dalam melakukan penelitian. Bab 22 membahas tentang tata cara penulisan sumber referensi dan daftar pustaka.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)