belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Hukum    Ilmu Hukum

Metode Penelitian Hukum: Penulisan Skripsi, Tesis, Serta Disertasi

Oleh Ishaq
Berat 0.37 kg
Tahun 2017
ISBN 9786022892878
Penerbit Alfabeta
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp54.000
Harga Normal:Rp60.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim hari ini bila pembayaran diterima SEBELUM pukul 15.30 WIB. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Penelitian hukum pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang terencana untuk mengungkapkan kebenaran hukum yang dilakukan dengan cara metodologis, sistematis, dan konsisten. Metode-metode tertentu harus diungkapkan secara berturut dan sebagai kesatuan dari suatu sistem. Dengan demikian juga harus ada konsistensi, yaitu tidak adanya hal-hal yang saling bertentangan secara prisipil.

Penelitian hukum merupakan suatu penelitianyang mempunyai obyek huku yang dapat berwujud hukum pidana, hukum perdata, hukum administrasi negara, hukum tata negara, hukum adat, dan huku Islam. Selain yang telah disebutkan di atas, yang juga dapat menjadi obyek penelitian hukum adalah berupa subyek hukum, hak dan kewajiban, peristiwa hukum, maupun hubungan hukum.

Subyek hukum, diartikan sebagai pihak-pihak yang menjadi pendukung hak dan kewajiban. Hak adalah kewenangan/ peranan yang boleh tidak dilaksanakan, sedangkan kewajiban merupakan peranan/ tugas yang harus dilaksanakan kepada setiap orang. Peristiwa hukum suatu kejadian, peristiwa yang akibatnya diatur oleh hukum. Hbunganhukum adalah setiap hubungan yang terjadi dalam masyarakat yang diberi kualifikasi oleh hukum sebagai hubungan hukum, sebagai ikatan hak dan kewajiban bagi masing-masing pihak yang melakaukannya.

Di dalam melakukan penelitian hukum, seorang peneliti selogannya selalu mengkaitkannya dengan arti-arti yang mungkin dapat diberikan pada hukum. Arti-arti tersebut merupakan pemahaman-pemehaman yang diberikan oleh masyarakat, terhadap gejala yang dinamakan hukum, yang kemudian dijadikan suatu pegangan.

Buku ini selain mengetengahkan mengenai metode-metode yang dapat dipakai dalam meneliti hal-hal yang berhubungan dengan obyek maupun subyek hukum, juga menelaah dengan rinvci tahapan dan cara-cara menulis skripsi, tesis, serta disertasi.

(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Ayu Putriyanti, 25 September, 2018Rating: 4 dari 5 Bintang!
Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak membingungkan.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Muhammad Ridwan Siregar, 17 September, 2017Rating: 5 dari 5 Bintang!
ilmu untuk memahami penelitian hukum merupakan suatu hal yang penting, terlebih bagi mahasiswa tingkat akhir dari semua jenjang baik S1, S2, dan S3. Buku ini sangat bagus untuk memberikan pemahaman bagaimana melakukan penelitian yang baik dan benar untuk karya penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Filsafat Administrasi (Edisi Revisi)
Sondang P. Siagian
Rp46.350 Rp51.500
Administrasi Pembangunan: Konsep, Dimensi, dan Strateginya
Sondang P. Siagian
Rp62.550 Rp69.500
Aspek Hukum Hak Kekayaan Intelektual (Edisi Revisi)
H. OK. Saidin
Rp187.200 Rp208.000
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum
Soerjono Soekanto
Rp21.600 Rp24.000
Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi
Bambang Prasetyo, Lina Mi..
Rp47.700 Rp53.000
(Kembali Ke Atas)