belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Hukum    Hukum Umum

Menegakkan Hukum Tanpa Melanggar Hukum (Eksaminasi Putusan Praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 04/PID.Prap/2015/PN/JKT.SEL)

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.49 kg
Tahun 2015
Halaman 328
ISBN 9789797698966
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp80.100
Harga Normal:Rp89.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Melalui putusan Nomor 21/PUU-XII/2014, Mahkamah Konstitusi menyatakan bahwa penetapan status Tersangka merupakan objek Praperadilan. Putusan tersebut dinilai sebagian kalangan sebagai langkah penguatan terhadap putusan hakim Sarpin Rizaldi, bahkan sejumlah pihak memuji-muji putusan Praperadilan tersebut. Penilaian demikian tentu amat berlebihan. Walaupun MK menyatakan Praperadilan berwenang menguji keabsahan penetapan status Tersangka, namun putusan demikian sama sekali tidak dapat diklaim sebagai pembenar atas putusan Praperadilan sebelumnya. Sebab, langkah yang ditempuh hakim Sarpin sebelum adanya putusan MK tetap saja sebagai tindakan melampaui kewenangan.

Selain itu, berbagai pertimbangan hakim Sarpin di luar yang berhubungan dengan kompetensi lembaga Praperadilan seperti penafsirannya tentang “aparat penegak hukum” dan “penyeleng-gara negara” juga tetap saja dapat dinilai sebagai kekeliruan yang mesti dijadikan pembelajaran oleh hakim lain pada kasus serupa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, telaah akademik yang dilakukan para eksaminator dalam buku ini tetap masih relevan untuk dibaca saat ini.

   
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Pra Peradilan dan KUHAP (Catatan Mendatang)
Indriyanto Seno Adji
Rp36.900 Rp41.000
Hukum Pembuktian: Analisis terhadap Kemandirian Hakim sebagai Penegak Hukum dalam Proses Pembuktian
Elisabeth Nuraini Butarbu..
Rp36.000 Rp40.000
(Kembali Ke Atas)