belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Psikologi & Pengembangan Diri    Pengembangan Diri

Mendidik Pemenang Bukan Pecundang

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.46 kg
Tahun 2016
Halaman 340
ISBN 9786022911937
Penerbit Bentang Pustaka
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp54.400
Harga Normal:Rp64.000
  Diskon 15%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

“Menjadi pribadi yang kompetitif dan berdaya saing”. Tagline semacam itu belakangan sering kita dengar sebagai visi misi dari berbagai lembaga pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Persoalannya, benarkah demikian?

Hasil pengamatan J. Sumardianta dan Dhitta Puti Sarasvati yang telah mengajar selama puluhan tahun, justru menunjukkan hal berbeda. Tujuan pendidikan yang mendewakan kompetisi justru menimbulkan beberapa ketimpangan. Misalnya saja fokus pada gagasan besar tapi miskin detail, senang pamer hal yang terlihat “keren”, memilih pekerjaan karena tuntutan sosial, dan menyusun materi belajar berdasar konten bukan konteks.

Sistem pendidikan sesungguhnya berbeda dengan evolusi alam, yang terkuatlah yang bertahan dan menang. Pemenang bukanlah sosok yang berada di peringkat teratas. Namun, bagaimana ide dan kerja kerasnya bisa bersinergi dengan lingkungan sekitarnya. Bangsa pemenang tidak diisi oleh manusia-manusia yang memonopoli pengetahuan, tetapi manusia-manusia yang kasmaran belajar.
Buku ini memaparkan berbagai eksperimen pembelajaran yang bisa diaplikasikan di lingkup keluarga, sekolah, hingga lingkungan masyarakat. Kita akan diajak menyelami makna dari sekolah berbasis welas asih (compassionate), mencoba metode kerucut pembelajaran, berlatih dengan cermin sosial, memiliki multiple intellegence, memahami pentingnya kerja sama interdisipliner, hingga upaya-upaya untuk mengubah konflik menjadi peluang.

Endorsement

“Menarik dan Inspiratif.”
—Andy F. Noya, Host Kick Andy

"Buku yang ditulis dengan gaya renyah ini wajib dibaca oleh para pendidik  dan orangtua. Penulis menggambarkan pengalaman observasinya yang dibalut analisa kuat sehingga mampu memberikan pelajaran langsung bagi para pembacanya. Melalui buku ini pula, kita akan menemukan aspirasi baru untuk menyelesaikan berbagai tantangan dalam mendidik. Isu-isu sosial yang diuraikan mampu menggugah kesadaran akan pentingnya proses pembelajaran demi memperbaiki kualitas bangsa."
—Itje Chodidjah, pakar pendidikan

"Pak Sumardianta dan Puti adalah dua orang yang saya kagumi dalam hal integritasnya. Tulisan mereka bukan sekadar angan-angan semata melainkan hasil dari perbuatan nyata di dalam kelas tempat mereka mengajar. Kedua penulis ini adalah orang-orang kreatif yang selalu mencari cara dan pendekatan baru dalam mengajar. Ide-ide mereka selalu orisinal dan segar.
"Tapi hal yang paling menggugah saya adalah tekad dan keinginan kedua  penulis ini untuk terus belajar dan menggali hal-hal baru dalamproses mendidik. Sebuah dedikasi yang luar biasa. Saya sangat menganjurkan para guru untuk membaca pemikiran dan pengalaman mereka yang kaya ini."
 
—Satria Dharma, Dewan Pembina Ikatan Guru Indonesia (IGI)
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Personality Plus (Kepribadian Plus): Bagaimana Memahami Orang Lain dengan Memahami Diri Anda Sendiri
Florence Littauer
Rp53.550 Rp59.500
Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain: How To Win Friends and Influence People (Soft Cover)
Dale Carnegie
Rp53.550 Rp59.500
Berpikir dan Berjiwa Besar: The Magic of Thinking Big
David J. Schwartz
Rp53.550 Rp59.500
The Cashflow Quadrant: Panduan Mencapai Kebebasan Keuangan
Robert T. Kiyosaki
Rp78.000
Psikologi Anak: The Psychology of the Child
Jean Piaget
Rp36.000 Rp40.000
(Kembali Ke Atas)