Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Komputer & Internet    Pemrograman

Membangun Mobile Web Store Dengan CodeIgniter, MySQL & jQuery Mobile

Oleh Riyanto
Berat 0.27
Tahun 2013
Halaman 186
ISBN 9789792940947
Penerbit Andi
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp65.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, pesat pula populasi konsumennya, terutama teknologi web dan mobile. Atas nama market, tidak jarang para produsen teknologi memadukan kedua teknologi tersebut.
Beberapa tahun yang lalu, pembuatan situs web lebih difokuskan kepada pengguna PC atau laptop dari pada pengguna perangkat mobile. Saat ini, hampir semua situs web populer, tidak terkecuali situs penjualan on-line, menyediakan situs web versi mobile.
Banyak sekali lingkungan pengembangan aplikasi berbasis web, baik berupa bahasa pemrograman web murni maupun dalam bentuk framework, yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan situs web versi mobile, diantaranya adalah CodeIgniter dan jQuery Mobile.
CodeIgniter atau CI adalah sebuah framework yang digunakan untuk membuat situs web yang disusun dari bahasa pemrograman PHP. Di dalam CI terdapat beberapa macam kelas dalam bentuk pustaka dan helper, yang dapat digunakan sebagai tool untuk mengembangkan situs web. Sedangkan, jQuery Mobile adalah web framework yang dioptimasi untuk mendesain aplikasi yang akan dijalankan pada perangkat bergerak (mobile device), seperti smartphone dan tablet.
Dalam mengembangkan situs web, tentunya diperlukan sistem untuk menyimpan dan mengorganisasi data yang sering disebut DBMS. Terdapat banyak sekali DBMS di pasaran, diantaranya adalah MySQL. Kelebihan MySQL diantara DBMS lain adalah sampai saat ini MySQL masih tercatat sebagai DBMS tercepat dan paling banyak digunakan pada aplikasi web. Selain itu, MySQL menyediakan versi gratis yang tangguh (tentunya dengan manajemen yang baik), mudah dioperasikan, dan besar komunitasnya, sehingga mudah sekali mendapatkan tutorialnya. Selain itu, MySQL, CI, dan jQuery Mobile juga bersifat Free Opensource Software, jadi Anda tidak perlu membayar biaya lisensinya.
Buku ini akan menuntun Anda membuat situs web penjualan versi mobile (selanjutnya disebut Aplikasi MWS - mobile web store) dengan CI, MySQL dan jQuery Mobile. Pembahasan dimulai dari instalasi paket pendukung yang diperlukan sampai pengembangan aplikasinya. Penyajian dengan bahasa yang sederhana serta step by step membuat buku ini layak digunakan oleh berbagai tingkat pembaca, mulai dari pemrogram tingkat pemula sampai tingkat mahir. Meskipun demikian, CI akan lebih efektif bila pembaca telah menguasai dasar pemrograman PHP, terutama teknik pemrograman berorientasi objek. Secara lengkap di dalam buku ini dibahas fokus-fokus pembuatan Aplikasi MWS sebagai berikut.
• Persiapan dan Instalasi Paket XAMPP dan CodeIgniter.
• Alur Kerja dan Rancangan Database Aplikasi MWS.
• Membuat Aplikasi MWS dengan CI dan jQuery Mobile, meliputi: Folder Kerja Aplikasi, Konfgurasi Dasar, Membuat Model, Pustaka Autentifikasi dan Template, Membuat Controller, Template Halaman Publik dan Admin, Halaman Login, an Routes Halaman Admin dan Publik, Halaman Admin (Kategori, Produk, Pengguna, Pelaporan, Pengaturan, dan Halaman Publik Produk dan Pengguna.
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Galenggang SimbolonGalenggang Simbolon, 30 April, 2015
Rating: 3 dari 5 Bintang!
Lumayan untuk menambah referensi.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)