belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Novel & Sastra    Sastra & Cerpen

Membaca Sastra Membaca Dunia

Oleh Azwar
Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.28 kg
Tahun 2016
Halaman 176
ISBN 9786023913176
Penerbit Basabasi
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp45.000
Harga Normal:Rp50.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Bayangkan saja, betapa hebatnya luka yang diderita seniman muda itu yang menahan cinta dalam usia yang baru sehari genap dua puluh satu tahun, akan tetapi harus berakhir dalam perang saudara di front Cordoba, Spanyol. Inilah kemudian yang membuat puisi “To Margot Heinemann” sama indahnya dengan teks kematian pengarangnya dan pengetahuan pembaca atas kedua teks itu (puisi dan sejarah hidup John Cornford). Pengarang tidak hanya menjadi abadi seorang diri, akan tetapi orang yang hadir di dalam karyanya pun menjadi abadi. Seperti Margot Heinemann, perempuan teman kuliah John Cornford, yang kepadanya dia tujukan puisi terakhirnya sebelum benar-benar tewas sehari setelah ulang tahunnya yang kedua puluh satu di front Cordoba.

Karena pengetahuan pembaca akan teks lain di luar teks karya sastralah, puisi Heusca itu menjadi semakin bermakna.
Inilah satu bagian yang dikritisi buku kritik sastra ini perihal adagium “pengarang telah mati” Roland Barthes yang popular melalui esainya “The Death of Author”. Pernyataan Barthes bahwa ketika pengarang selesai menulis karyanya, maka sebenarnya ia (pengarang) telah mati; ia terpisah dari teksnya; teks bukan miliknya lagi –mendapat perlawanan tajam dari buku ini.

Ada banyak tema kritik sastra lainnya yang disajikan buku langka ini. Dari khazanah sastra lokal hingga dunia. Sangat berharga untuk dibaca oleh setiap peminat sastra.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)