belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Hukum    Hukum Umum

Mekanisme Judicial Review

Berat 0.21 kg
Tahun 2015
Halaman 110
ISBN 9789793411668
Penerbit Pustaka Yustisia
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp27.000
Harga Normal:Rp30.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Undang-undang atau hukum positif yang berlaku saat ini tidak selamanya sejalan dengan apa yang diinginkan oleh konstitusi. Bisa jadi saat undang-undang tersebut dibuat ternyata memberi dampak negatif secara langsung pada hak konstitusi dan hak asasi seseorang. Dalam hal ini Anda dan setiap warga negara berhak untuk menggugat suatu peraturan perundangan lewat proses judicial review. Lalu, bagaimana caranya?

Dalam buku ini diberikan contoh kasus pelanggaran hak konstitusi dan hak asasi tentang status anak luar perkawinan dan bagaimana hubungan keperdataan dengan bapak dan/atau keluarga bapaknya. Upaya para pemohon mengajukan judicial review ternyata tidak sia-sia. Hakim Konstitusi melalui Putusan Nomor 46/PUU-VIII/2010 mengabulkan sebagian permohonan tersebut.

Putusan Mahkamah Konstitusi dalam pengujian undang-undang yang menyatakan satu undang-undang bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat merupakan satu kebijakan hukum baru yang menjadi politik hukum yang dapat membawa dampak luas bagi lembaga negara, masyarakat, dan warga negara.

Lantas bagaimana prosedurnya legal standing (kedudukan hukum pemohon) yang hendak mengajukan judicial review? Meskipun dalam legal standing adalah seorang warga negara, namun putusan yang diberikan oleh Mahkamah Konstitusi menjadi berlaku umum bagi seIuruh warga negara (erga ormes). Judicial review melalui Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu kontrol masyarakat terhadap kebijakan pemerintah yaitu peraturan perundang-undangan.

Buku ini memberikan gambaran yang praktis kepada masyarakat tentang bagaimana upaya dalam mengajukan permohonan judicial review kepada Mahkamah Konstitusi serta tata tertib sidang pada Mahkamah Konstitusi.

Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi pegangan berarti bagi para praktisi, akademisi, mahasiswa hukum, lembaga sosial, maupun masyarakat umum yang berniat melakukan judicial review atau yang hanya ingin mempelajarinya.
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

M. Farouq S. AMd.SE.SH.SHI.BKP, 07 September, 2017Rating: 3 dari 5 Bintang!
Pengetahuan akan pedoman teknis, prosedur pengajuan dan mekanisme pemeriksaan judicial review atas suatu undang-undang yang bertentangan dengan UUD 1945, dibahas dalam buku ini melalui pendekatan yuridis berdasarkan peraturan perundang-undangan dan peraturan pelaksanaan terkait yang berlaku dan berdasarkan pengalaman aktual di lapangan. Didalamnya diuraikan mengenai contoh kasus (case position), legal standing pemohon, cara pengajuan, proses administrasi dan registrasi perkara, pemanggilan pihak dan pemeriksaan sidang perkara, serta tata cara pelaksanaan sidang dan pengambilan putusan oleh Mahkamah Konstitusi. sehingga bermanfaat sebagai panduan praktis bagi pembaca yang ingin memahaminya.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Ilmu Negara
Abu Daud Busroh
Rp59.400 Rp66.000
Dasar-Dasar Hukum Waris di Indonesia
Oemar Salim
Rp43.200 Rp48.000
Penafsiran dan Konstruksi Hukum
Yudha Bhakti Ardhiwisastr..
Rp45.000 Rp50.000
Struktur Ilmu Hukum (De Structuur Der Rechtswetenschap)
Paul Scholten
Rp45.000 Rp50.000
Logika (Ilmu Mantiq)
Basiq Djalil
Rp33.300 Rp37.000
(Kembali Ke Atas)