belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 Troli
Buku    Pendidikan & Keguruan    Pendidikan

Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.50 kg
Tahun 2019
Halaman 434
ISBN 9786024257316
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp112.500
Harga Normal:Rp125.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Kegiatan pembelajaran di kelas yang dilaksanakan guru dan peserta didik dapat dikatakan sebagai ruh dari bidang pendidikan. Oleh sebab itu, upaya pengelolaan kelas harus diupayakan sedemikian rupa agar kegiatan pembelajaran dapat mencapai tujuan pembelajaran, yakni meningkatnya kompetensi peserta didik. Dalam hal ini, tepat jika ada asumsi yang menyatakan bahwa kondisi kelas adalah cerminan dari mutu lembaga pendidikan tersebut. Manajemen kelas merupakan upaya seorang pendidik dalam merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan melakukan evaluasi terhadap pengelolaan kelasnya. Kemampuan guru mengelola kelasnya dengan menerapkan manajemen kelas yang efektif menjadi suatu keharusan, sebab pengelolaan kelas akan berdampak langsung terhadap peserta didiknya. Dampak tersebut mencakup hasil belajar, prestasi belajar, keaktifan peserta didik di kelas, dan motivasi belajar peserta didik.

Buku ini membahas tentang: Konsep dasar manajemen kelas; Aspek dan proses manajemen kelas; Pendekatan manajemen kelas; Ruang lingkup manajemen kelas; Prosedur dan rancangan manajemen kelas; Pengaturan kondisi dan penciptaan iklim belajar; Mengelola pembelajaran kooperatif; Fungsi guru dalam kelas; Kelas efektif; Tata usaha kelas; Moving class; Motivasi belajar siswa; Pembinaan disiplin kelas; dan Penilaian berbasis kelas. Buku ini mengupas secara komprehensif tentang manajemen kelas yang efektif dan penerapan pembelajaran kooperatif dengan berbagai ragam modelnya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai instrumen terkait dengan manajemen kelas, yang dapat dikembangkan lebih lanjut oleh para guru.

Dalam tataran praktis, guru memiliki tanggung jawab atas pengelolaan kelasnya sehingga buku ini tepat digunakan sebagai panduan dalam mengelola kegiatan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Buku yang dilengkapi dengan telaah teoretis dan aplikasinya dalam bidang manajemen kelas ini, dapat menjadi acuan bagi kalangan pendidik/widyaiswara, administrator, dosen, mahasiswa, peneliti, pegiat pendidikan, serta para akademisi yang menggeluti bidang pendidikan dan pembelajaran.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)