Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Sejarah

Kesultanan Palembang dalam Pusaran Konflik (1804-1825)

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.28
Tahun 2017
Halaman 304
ISBN 9786024246723
Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp50.000
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

KESULTANAN PALEMBANG menikmati periode kemakmuran di peralihan abad ke-19. Situasi ini mulai berubah dengan kasak-kusuk yang dilakukan oleh Raffles untuk mendapatkan dukungan dari sultan dalam rangka mengusir Belanda dari Nusantara.

Pendudukan Inggris atas Batavia dimanfaatkan oleh sultan Palembang untuk mengusir orang Belanda pada bulan September 1811. Peristiwa ini pemicu keterlibatan Inggris secara langsung di kesultanan Palembang. Selama periode 14 tahun yang berikutnya Palembang mengalami sejarah yang kacau. Inggris dan Belanda saling merebut kesultanan sambil memengaruhi suksesi pemimpin di atas taktanya. Ekspedisi Inggris pada tahun 1812 disusuli pemerintahan Inggris di Palembang selama empat tahun. Dengan ditandatanganinya Traktat London (1814), orang Belanda kembali memerintah Palembang tetapi mereka berhadapan dengan perlawanan Inggris dan terutamanya perlawanan sultan-sultan Palembang. Sesudah dua kali perang Palembang-Belanda di 1819 dan 1821, kesultanan runtuh dan dihapuskan oleh pemerintah kolonial pada tahun 1825.

Berdasarkan khususnya bahan arsip Belanda serta sejumlah kesaksian langsung, buku ini memaparkan secara terperinci peristiwa-peristiwa, tokoh-tokoh dan latar belakang internal maupun eksternal sejarah politik dan ekonomi kesultanan Palembang pada awal abad ke-19.



Isi dan pesan yang disampaikan buku ini sangat relevan dengan pengalaman bangsa Indonesia dewasa ini, baik dari segi maraknya konflik serta keinginan anak bangsa merekonstruksi sejarah. Buku ini sangat penting dibaca oleh berbagai pihak, mulai lapisan elit dan pengambil kebijakan, serta para mahasiswa dan peminat sejarah yang ingin melihat sejarah dalam bentuk (narasi) baru. (Prof. DR. Gusti Asnan, Guru Besar Sejarah FIB Universitas Andalas)

Buku ini memberikan kita pemahaman tentang kegigihan Sultan Mahmud Badaruddin II menghadapi dua kekuatan, Belanda dan Inggris, yang bersaing memperebutkan kesultanan Palembang. Patut dibaca tidak hanya untuk para sejarawan dan ilmuwan sosial, tetapi juga para pengambil kebijakan. (DR. Erwiza Erman, peneliti senior Pusat Penelitian Sumberdaya Regional, LIPI)

Dengan menyisihkan subyektivitas dalam interpretasi atau pemilihan jenis data, aspek originalitas dan legalitas, karya sejarah ini sangat terdukung oleh penggunaan arsipnya. Karya Dr. Farida R. Wargadalem ini menjadi salah satu dari sedikit karya sejarah era kolonial, khususnya mengenai Sumatra Selatan yang berkualitas melalui penggunaan sumber primernya. (Dr. Harto Juwono, M.Hum, sejarawan)
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3)
Suharsimi Arikunto
Rp107.100 Rp119.000
Instalasi Listrik Dasar (Edisi 3)
Trevor Linsley
Rp189.000 Rp210.000
Kamus Ilmu Nahwu dan Sharaf (Edisi 2)
Iman Saiful Mu'minin
Rp126.000 Rp140.000
Ekonomi Makro Islami (Edisi 3)
Adiwarman Karim
Rp80.100 Rp89.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)