Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Islam

Kemudahan Berusaha (Ease of Doing Business) dalam Perspektif Islam: Prinsip, Implementasi, dan Prospek

Berat 0.38
Tahun 2024
Halaman 262
ISBN 978-623-384-606-6
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp95.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

“Buku ini memberikan pemahaman tentang kemudahan berusaha dari sudut pandang yang berbeda, yaitu dari aspek hukum Islam dan aspek yuridis yang berlaku di Indonesia. Di samping itu, narasi mengenai peran dan kontribusi Mahkamah Agung sebagai pelaku kekuasaan kehakiman dalam mendukung kemudahan berusaha di Indonesia menjadi nilai tambah dikaitkan dengan posisi penulis yang kesehariannya bertugas sebagai Hakim Yustisial di Mahkamah Agung.”
(Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., CPArb.)
“Pembaca diajak untuk menyelami kemudahan berusaha di Indonesia dalam tataran implementasi dan yuridis dari perspektif Bank Dunia maupun perspektif hukum Islam.”
(Drs. H. Busra, S.H., M.H.)
Investasi merupakan salah satu komponen penting dalam aktivitas perekonomian suatu negara. Besarnya nilai investasi akan berdampak positif terhadap meningkatnya perekonomian negara. Salah satu yang mendorong peningkatan nilai investasi adalah faktor kemudahan dalam berinvestasi.
Tingkat Kemudahan Berusaha (Ease of Doing Business Index) adalah sebuah indeks yang dibuat oleh Bank Dunia. Peringkat yang tinggi menunjukkan peraturan untuk berbisnis yang lebih baik (biasanya lebih sederhana) dan kuatnya perlindungan atas hak milik. Penelitian empiris yang didanai oleh Bank Dunia untuk membuktikan manfaat dari dibuatnya indeks ini, menunjukkan bahwa efek dari perbaikan berbagai peraturan terhadap pertumbuhan ekonomi sangat besar.
Konten buku ini berisi tentang prinsip-prinsip kemudahan berusaha dalam perspektif hukum Islam; implementasi prinsip-prinsip kemudahan berusaha Islam dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia; dan prospek penerapannya dalam proses legislasi peraturan perundang-undangan Indonesia pada masa yang akan datang. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai peran Mahkamah Agung dalam meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia melalui kebijakan-kebijakan strategis yang diambil oleh pimpinan Mahkamah Agung.
Buku yang ada di hadapan para pembaca ini dapat menambah khazanah keilmuan khususnya di bidang hukum ekonomi syariah dan dapat menjadi referensi bagi para praktisi ekonomi dan hukum serta para akademisi dan mahasiswa, baik fakultas ekonomi maupun fakultas hukum/fakultas syariah.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bab 1 ISLAM DAN EKONOMI 1
A. Islam sebagai Suatu Sistem Hidup (Way of Life)
B. Islam Agama Muamalah
C. Ekonomi Mikro dan Makro Islam
1. Ekonomi Mikro Islam
2. Ekonomi Makro Islam
Bab 2 KEMUDAHAN BERUSAHA PERSPEKTIF BANK DUNIA 21
A. Teori-teori Investasi
B. Kemudahan Berusaha sebagai ‘Brand’ Bank Dunia
C. Penilaian dan Ranking Kemudahan Berusaha
D. Indikator Kemudahan Berusaha
E.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (1 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Fiqh Ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah
Jangan Tampilkan Lagi