Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Politik

Kekuatan-Kekuatan Politik

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.33
Tahun 2018
Halaman 174
ISBN 978624254575
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp54.000 Rp60.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-6 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Dalam kehidupan masyarakat, kita mengenal sejumlah kelompok yang paling mampu melakukan proses tawar-menawar, mengerahkan sumber-sumber kekuasaan secara maksimal dengan memilih saluran yang tepat untuk menyalurkan aspirasi mereka. Kelompok inilah yang kita kenal sebagai kelompok yang memiliki kekuatan politik.

Pemahaman dari sejumlah kelompok tersebut, termasuk di dalamnya potret perjalanan dan peran mereka dalam kehidupan pemerintahan Indonesia, terangkum dalam buku Kekuatan-kekuatan Politik ini. Terdapat 11 elemen Kekuatan Politik yang diulas di dalam buku ini, di antaranya adalah Militer, LSM, Partai Politik, Organisasi Buruh, Golongan Intelektual, Pers dan Media Massa, Mahasiswa, Agama, Pengusaha, Lembaga Survei dan Birokrasi. Posisi dan peran/fungsi tiap-tiap kekuatan politik tersebut dapat dilihat dalam suatu sistem politik dan bagaimana mereka mencoba memengaruhi proses pembuatan keputusan politik.

Dilema yang paling berat bagi intelektual adalah dilema mengenai hubungan intelektual dengan kekuasaan (Sodjatmoko, 1984). Sedangkan media massa sebagai bagian dari kekuatan politik merupakan kekuatan keempat di dunia. Sejumlah fungsi yang dilakukan pers menyebabkan pers memiliki kemampuan daya tawar dengan kekuatan-kekuatan lain, tak terkecuali pemerintah. Selain pers/media massa, dua fungsi utama yang ada di mahasiswa adalah sebagai agent of change dan agent of social control. Kedua fungsi tersebut menempatkan mahasiswa diperhitungkan dalam konstelasi sosial politik.  Militer juga merupakan poin penting dalam bahasan kekuatan-kekuatan politik. Posisi dominan sipil terhadap militer dalam suatu pemerintahan (subjective civilian control) dapat mendorong militer mengambil alih kekuasaan/terjun dalam dunia politik, mengingat  militer memiliki naluri berpolitik (Huntington dalam Arif Yulianto, 2002).

Buku ini dapat menjadi bahan bacaan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip), khususnya mereka yang menempuh pendidikan di Jurusan Ilmu Politik. Selain itu, dapat dijadikan bahan bacaan pula bagi para akademisi atau pengajar di bidang ilmu politik, pengamat politik, atau mereka yang berminat mempelajari tentang kekuatan-kekuatan politik.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

The Spirit of Laws: Dasar-Dasar Ilmu Hukum dan Ilmu Politik
Montesquieu
Rp151.200 Rp168.000
Komunikasi Bisnis (Edisi 5)
Djoko Purwanto
Rp295.200 Rp328.000
Pertanian dan Industri: Prospek, Strategi, dan Kebijakan di Masa Depan
Sambari Halim Radianto
Rp79.200 Rp88.000
Laskar Pelangi
Andrea Hirata
Rp75.650 Rp89.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)