Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Islam

Kebebasan Pers dan Etika Pers: Dalam Perspektif Hukum Islam

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.41
Tahun 2015
ISBN 9786021500293
Penerbit Genta Publishing
   Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Sinopsis

Pada hakikatnya, kebebasan pers mencakup kebebasan positif yaitu kondisi yang memungkinkan pers dapat berbuat sesuatu untuk mencapai apa yang diinginkannya dan kebebasan negatif yaitu kondisi di mana pers tidak dipaksa untuk melakukan suatu perbuatan atau tindakan apapun diluar ketentuan pers.

Pers harus memiliki kebebasan yang dinamis, dimana pers senantiasa mampu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman tanpa merasa kehilangan identitas, karakter dan idealisme. Pers pun harus memiliki kebebasan yang humanis. Artinya kebebasan pers diarahkan dalam rangka mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan dan pengembangan martabat manusia.

Etika jurnalistik merupakan suatu pedoman yang dapat mengontrol atau bahkan mengerem para pelaku jurnalistik agar tidak kebablasan dalam melaksanakan kebebasan pers tersebut. Di mana, Etika jurnalistik adalah standar aturan perilaku dan moral, yang mengikat para jurnalis dalam melaksanakan pekerjaannya, yang mengikat bagi para jurnalis dalam melaksanakan pekerjaannya. Etika jurnalistik ini penting. Pentingnya bukan hanya untuk memelihara dan menjaga standar kualitas pekerjaan si jurnalis bersangkutan, tetapi juga untuk melindungi atau menghindarkan khalayak masyarakat dari kemungkinan dampak yangmerugikan dari tindakan atau perilaku keliru dari si jurnalis bersangkutan. Etika jurnalistik tersebut akan memberikan keseimbangan yang harmonis antara pemberi berita dengan pembaca berita.

Buku ini mengulas secara mendalam dan surat dengan kajian-kajian akademik dan agama khususnya agama Islam, tentang bagaimana Pers yang sejalan dengan HAM, Etika dan agama sehingga pers yang bebas tetap berada pada koridornya yang baik dan tepat.

(Kembali Ke Atas)

Buku Sejenis

Falsafah Hukum Islam
Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy
Hukum Perdata Islam di Indonesia
Beni Ahmad Saebani, Syamsul Falah
Hukum Wakaf Tunai
Suhrawardi K. Lubis
Ilmu Qawa'id Fiqhiyyah: Kaidah-Kaidah Hukum Islam
Ade Dedi Rohayana
Esai-esai Sejarah Sosial Hukum Islam
H.M. Atho Mudzhar
(Kembali Ke Atas)