Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bahasa & Kamus    Bahasa

Kajian Semantik Arab: Klasik dan Kontemporer

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.56
Tahun 2016
Halaman 262
ISBN 9786020895574
Penerbit Prenada Media Group
Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp77.400 Rp86.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Semantik merupakan salah satu bagian dari tiga tataran bahasa yang meliputi fonologi, tata bahasa (morfologi-sintaksis), dan semantik. Semantik diartikan sebagai ilmu bahasa yang mempelajari makna. Jadi semantik adalah makna, membicarakan makna, bagaimana mula adanya makna sesuatu, bagaimana perkembangannya, dan mengapa terjadi perubahan makna dalam bahasa.

Dalam bahasa Arab, kata semantik diterjemahkan dengan Ilm al-Dilalah terdiri , dari dua kata: ilm yang berarti ilmu pengetahuan, dan al-dilalah atau al-dalalah yang berarti penunjukan atau makna. Jadi, ilm al-dilalah menurut bahasa adalah ilmu pengetahuan tentang makna.

Secara terminologis, ilm al-dilalah sebagai salah satu cabang linguistik (ilm al-lugah) yang telah berdiri sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang makna suatu bahasa, baik pada tataran mufradat (kosakata) maupun pada tataran tarakib (struktur).

Ahmad Mukhtar Umar mendefinisikan ilm al-dilalah sebagai berikut: Kajian tentang makna, atau ilmu yang membahas tentang makna, atau cabang linguistik yang mengkaji teori makna, atau cabang linguistik yang mengkaji syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengungkap lambang-lambang bunyi sehingga mempunyai makna.

Ilmu ini tidak hanya menjadi fokus kajian para linguis, melainkan juga menjadi objek penelitian para filsuf, sastrawan, psikolog, ahli fiqh dan ushul al-fiqh, antropolog, dan lain sebagainya. Karena itu, penamaan terhadap ilmu ini pun beragam. Selain disebut semantik, ilmu ini juga dinamai sematologi, semologi, semasiologi, dirasat al-mana, dan ilm al-mana, dengan mufrad, bukan dengan jamak maani, karena ilm al-maani merupakan bagian dari ilm al-balagah. Namun demikian, ilmu ini diposisikan sebagai salah satu cabang linguistik. Di kalangan sebagian ulama bahasa Arab, ilmu ini merupakan cabang dari fiqh al-lugah. Ilmu ini merupakan puncak studi linguistik karena melibatkan kajian fonologi, morfologi, gramatika, etimologi, dan leksikologi.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 PENDAHULUAN

BAB 2 RELASI MAKNA DAN MASALAHNYA

BAB 3 MAKNA DAN IRAB

BAB 4 KAJIAN MAKNA DI KALANGAN LINGUIS ARAB

BAB 5 APLIKASI KAJIAN MAKNA DAN MASALAH PERKAMUSAN
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Metodologi Tafsir Al-Quran: Strukturalisme, Semantik, Semiotik & Hermeneutik
Yayan Rahtikawati, Dadan ..
Rp54.000 Rp60.000
Membumikan Islam Nusantara: Respons Islam terhadap Isu-Isu Aktual
Ali Masykur Musa
Rp51.000 Rp60.000
Metode Penelitian Al-Quran & Tafsir
Dadan Rusmana
Rp63.000 Rp70.000
Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal
T. Fatimah Djajasudarma
Rp27.000 Rp30.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)