Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Manajemen

Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.46
Tahun 2011
Halaman 280
ISBN 9789790759275
Penerbit Erlangga
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp115.200 Rp128.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Dunia jurnalistik di Indonesia dewasa ini menunjukkan dinamika yang luar biasa setelah deregulasi media massa dilakukan pada tahun 1997 saat keharusan memperoleh izin terbit dihapus dan monopoli RRI (dalam pemberitaan) dan TVRI berakhir. Kondisi ini memicu pertumbuhan dan perkembangan media, tidak saja sebagai wahana informatif, edukatif, dan hiburan serta penyambung nilai-nilai antargenerasi, namun media kini juga menjadi sebuah industri yang harus tunduk pada perspektif ekonomi dan industri.

Karena pengaruh iklim kebebasan, industri media dan teknologi, kaum profesional media, baik media cetak ataupun elektronik, sering menghadapi masalah dalam pengembangan kaidah-kaidah profesionalnya. Sebagai human agency, para profesional dituntut untuk mengembangkan kemandirian, idealisme, namun di lain pihak harus mengikuti berbagai aturan yang kadang-kadang berbeda dengan tuntutan idealisme. Para profesional harus tunduk kepada struktur yang ada dan berkembang di media bersangkutan.

Dalam konteks ini, tantangan bagi para profesional ialah bagaimana menghadapi berbagai tekanan pasar, yang terdiri dari pemilik media, jurnalis, sumber berita, pengiklan, dan khalayak serta faktor pemerintah selaku regulator. Para profesional dituntut untuk memilih apakah akan tunduk pada tuntutan kaidah profesional atau kaidah pasar.

Melalui buku ini, penulis memberikan panduan untuk dapat melewati tantangan di atas bagi para jurnalis dan juga mahasiswa yang menekuni bidang jurnalistik dan komunikasi massa, serta kehumasan. Bagi para jurnalis, buku ini dapat mengingatkan kembali pada kaidah-kaidah jurnalistik setiap produk jurnalisme agar tidak larut dalam kaidah pasar. Bagi para mahasiswa, buku ini bisa digunakan sebagai acuan kerangka analisis dalam menyusun karya ilmiah, dan rujukan yang konprehensif untuk memperoleh kompetensi sebagai jurnalis kelak setelah lulus.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Jurnalistik: Teori dan Praktik
Hikmat Kusumaningrat
Rp69.300 Rp77.000
Bahasa Jurnalistik
Abdul Chaer
Rp40.500 Rp45.000
Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem
Agus Suprijono
Rp40.500 Rp45.000
Industri Pertelevisian Indonesia
Heru Effendy
Rp58.500 Rp65.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)