Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
« Kembali
Ulasan oleh Josef Monteiro:
1 s.d. 4 (dari 4 ulasan)
Hak Budget Parlemen di Indonesia
Rating: 4 dari 5 Bintang!, 23/03/2014
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Buku ini berisikan gagasan penulis untuk penguatan hak budget parlemen dalam mewujudkan APBN yang terbuka dan bertanggung jawab. Pemaparannya menarik karena secara sistematis dijelaskan konsep hak budget DPR dari aspek kedaulatan rakyat, sistem cheks and balances, dan tujuan bernegara. Kupasannya juga mengaitkan sejarah hak budget dalam UUD 1945, Konstitusi RIS 1949, UUDS 1950, dan UUD 1945 setelah amademen. Meski demikian, buku ini perlu disempurnakan karena belum diuraikan hak budget DPRD sehubungan dengan pergerseran paradigma keuangan publik yang sentralisitik menjadi desentralistik. Buku ini tepat dipergunakan kalangan mahasiswa, politikus, akademisi dan masyarakat umum yang ingin mendalami fungsi anggaran DPR.
Keuangan Negara: Dalam Teori dan Praktik (Edisi 6)
Rating: 4 dari 5 Bintang!, 23/03/2014
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Buku ini menyajikan secara sistematis pengelolaan keuangan negara dengan optimalisasi penerimaan dan pengeluaran negara sehingga bermanfaat dalam penyusunan APBN dan APBD. Selain itu disajikan cara mengatasi defisit anggaran negara, utang negara dan cara menjaga stabilisasi keuangan negara melalui kebijakan fiskal, distribusi pendapatan, penentuan harga barang, dan pengaturan pajak. Membaca buku ini dapat meningkatkan keterampilan manajerial pengelolaan keuangan negara. Meski demikian, buku ini masih perlu disempurnakan karena tidak menguraikan secara komprehensif keuangan daerah sehubungan dengan pergeseran paradigma pengelolaan keuangan negara dari sentralisitik menjadi desentralistik. Namun buku ini tepat digunakan bagi kalangan mahasiswa, praktisi keuangan publik, dan akademisi dalam mendalami masalah keuangan negara.
Hubungan Lembaga Kepresidenan dengan Dewan Perwakilan Rakyat dan Veto Presiden
Rating: 4 dari 5 Bintang!, 23/03/2014
Buku ini memaparkan proses legislasi undang-undang dan anggaran negara yang dilakukan oleh Presiden dan DPR. Penyajiannya secara filosofis, teoretis, komparatif, dan implementasi sebelum dan sesudah amandemen UUD 1945. Dari paparan dapatlah diperoleh deskripsi pemahaman pola keseimbangan antara kedua lembaga negara tersebut dalam pembentukan UU dan anggaran negara; di satu pihak DPR memegang kekuasaan membentuk UU, di lain pihak Presiden berhak mengajukan RUU dan rancangan anggaran negara (RAPBN) dan sekaligus Presiden sebagai pemegang administrasi negara berwenang mengesahkan UU dan Anggaran negara (APBN). Penulis menekankan adanya persetujuan institusional antara kedua lembaga negara bagi implementasi UU dan anggaran negara. Meski UUD 1945 secara tersirat memberikan hak veto kepada Presiden namun tidak dimaksudkan untuk menjadikan kedudukan Presiden lebih kuat dari DPR, akan tetapi dalam rangka cheks and balances. Buku ini perlu disempurnakan sehubungan dengan pemaparan yang belum komprehensif penggunaan veto Presiden dalam beberapa contoh UU berdasarkan pertimbangan filosofis, yuridis, dan sosiologis.
Hukum Konstitusi
Hukum Konstitusi, Zulkarnaen, Beni Ahmad Saebani
Rating: 4 dari 5 Bintang!, 23/03/2014
Buku ini mudah dipahami karena menguraikan keterkaitan antara hukum, negara, sistem pemerintahan di satu pihak dengan konstitusi di pihak lain. Selain itu dijelaskan perspektif konstitusi dalam mengatur sistem pemerintahan dan HAM yang dirajut dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar filosofis konstitusi. Namun yang perlu pembaca ketahui pula bahwa kekurangan buku ini adalah belum disajikan perspektif konstitusi mengenai ekonomi kerakyatan, padahal UUD 1945 telah mengatur tujuan negara yang salah satunya adalah mensejahterahkan rakyat yang berkaitan dengan pengaturan pengelolaan perekonomian rakyat. Meski demikian, buku ini tepat untuk dibaca oleh mahasiswa, akademisi, praktisi hukum, dan politikus yang berminat pada masalah ketatanegaraan.
  1  
©2008-2022 - Belbuk.com
Jl. As'syafiiyah No. 60B, Cilangkap, Jakarta Timur 13870
Tlp. 021-22811835 (Senin s/d Jumat Pkl 09.00-18.00 WIB)