belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Buku Islam    Fikih & Fatwa

Islam Nusantara: Dari Ushul Fiqh Hingga Paham Kebangsaan

Berat 0.42 kg
Tahun 2015
Halaman 344
ISBN 9789794338957
Penerbit Mizan
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp63.750
Harga Normal:Rp75.000
  Diskon 15%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Islam Nusantara yang menjadi  tema utama muktamar NU ke-33 di Jombang pada 2015, menuai pro kontra. Dari pandangan NU, konsepsi  "Islam Nusantara" mengacu pada fakta sejarah betapa dakwah Islam di nusantara tidak dilakukan dengan pemberangusan terhadap budaya setempat, melainkan justru dengan merangkul dan menyelaraskannya dengan Islam. NU bertekad mempertahankan Islam Nusantara yang berciri toleran, moderat dan damai. Namun dari pandangan yang kontra, "Islam Nusantara" dianggap sebagai bermuatan primordial, anti Arab, bahkan dituduh sebagai strategi baru dari JIL, Barat, Zionis, dan semacamnya.
Dengan latar belakang kontroversi semacam itu, upaya untuk membedah wacana Islam Nusantara dari perspektif doktrinal maupun historis menjadi sangat diperlukan. Bagaimana Islam Nusantara dilihat dari sudut pandang fikih dan ushûl fiqh? Bagaimana pula dari sudut pandang Aswaja dan tasawuf? Seperti apakah relasi antara universalitas Islam, budaya lokal, dan budaya Arab? Seberapa jauh wacana Islam Nusantara bisa dibandingkan dengan wacana sejenis sebelumnya, seperti "fikih Indonesia" ala Prof. Hasbi As-Shiddiqi, “pribumisasi Islam” ala Gus Dur, dan “fikih sosial” KH. Sahal Mahfudh? Inilah sebagian dari pertanyaan yang menjadi agenda pembahasan buku ini.
Para Penulis:
KH Abdurrahman Wahid, Abdul Moqsith Ghazali, KH Afifuddin Muhadjir, Amin Abdullah, Azis Anwar Fachrudin, Azyumardi  Azra, Din Syamsuddin, Haidar Bagir, KH Husein Muhammad, M. Sulton Fatoni, KH Masdar Farid Mas’udi, Mahsun Fuad, Munawir Aziz, Nurcholish Madjid, KH Sahal Mahfudh, KH Said Aqil, Siroj, Yahya C. Staquf, Zainul Milal Bizawie
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Muhammad Iqbal Al-Ghifari, 12 September, 2015Rating: 3 dari 5 Bintang!
Berisi tentang pembahasan islam nusantara. Apakah islam nusantara itu? Bagaimanakah ia? Apa perbedaan dengan "islam" yang lain. Cukup untuk menjadi referensi tentang islam nusantara dan bisa dijadikan rujukan pembahasan islam nusantara. Namun buku ini perlu banyak dikritisi, karena hanya mengambil sudut pandang dari pro islam nusantara ( JIN = Jamaah Islam Nusantara) , Sementara dari sudut pandang kontra tidak disebutkan, menjadikan informasi yang tersaji adalah informasi sepihak.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Membumikan Islam Nusantara: Respons Islam terhadap Isu-Isu Aktual
Ali Masykur Musa
Rp51.000 Rp60.000
Islam: Ditinjau dari Berbagai Aspeknya (Jilid 2)
Harun Nasution
Rp22.500 Rp25.000
Islam Berkemajuan untuk Peradaban Dunia: Refleksi dan Agenda Muhammadiyah ke Depan
Ahmad Fuad Fanani
Rp67.150 Rp79.000
Marketing Politik (Edisi Revisi)
Firmanzah
Rp157.500 Rp175.000
Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer
Jujun S. Suriasumantri
Rp90.000 Rp100.000

Buku Sejenis

Fiqih Maqashid Syariah
Syaikh DR. Yusuf Al-Qaradhawi
Fikih Sehari-Hari
Ahmad Sarwat
Fatwa-Fatwa Haji & Umrah
Muhammad bin 'Abdul 'Aziz al-Musnad
Sejarah Fiqh
Umar Sulaiman Asyqar
Fikih Muamalah Kontemporer
Abu Azam Al Hadi
(Kembali Ke Atas)