belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Islam Berkemajuan untuk Peradaban Dunia: Refleksi dan Agenda Muhammadiyah ke Depan

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.56 kg
Tahun 2015
Halaman 348
ISBN 9789794339114
Penerbit Mizan
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp67.150
Harga Normal:Rp79.000
  Diskon 15%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Muhammadiyah adalah organisasi keagamaan tertua di Indonesia, bahkan terbesar di dunia dalam bidang amal usaha pendidikan (schooling), kesehatan (healing), dan sosial (feeding). Sejak kelahirannya pada 8 Dzulhijjah 1330 H/18 November 1912 M, Muhammadiyah menjadi gerakan penyambung matarantai pembaruan Islam yang berorientasi kepada kemajuan.  Muhammadiyah hadir sebagai pencerahan (tanwîr) dari kondisi umat dan bangsa Indonesia yang kala itu terjajah sekaligus tertinggal dalam banyak aspek kehidupan. Inilah spirit awal Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berkemajuan. Muhammadiyah menghadirkan Islam sebagai agama yang senantiasa bergerak dinamis memajukan peradaban umat manusia. Itulah karakter dasar Islam sebagai dîn al-hadhârah (agama kemajuan).

Pandangan “Islam Berkemajuan” yang diusung pada Muktamar ke-46 tahun 2010 di Yogyakarta bukan sekadar tema retorika, dan bersifat isu belaka, tetapi pemikiran yang esensial dan sistematik yang mencandra Muhammadiyah sebagai gerakan pembaruan (tajdid) yang terus-menerus berkiprah dalam memajukan kehidupan umat, bangsa, dan dunia kemanusiaan universal secara terorganisasi. Selanjutnya pada Muktamar ke-47 tahun 2015 di Makassar, Muhammadiyah menegaskan jati dirinya sebagai “Gerakan Pencerahan” (al-harakah al-tanwîriyyah).

Memasuki abad kedua, Muhammadiyah dihadapkan pada tantangan dunia yang sangat kompleks. Kemiskinan, bencana alam, tragedi kemanusiaan, merebaknya kekerasan atas nama agama adalah beberapa di antaranya. Buku ini, yang lahir dari intelektual dan aktivis Muhammadiyah baik yang berada di dalam struktur maupun yang kultural, mencoba mengurai apa yang sudah dan seharusnya dilakukan oleh Muhammadiyah di abad kedua. Harapannya, perserikatan yang didirikan Kyai Haji Ahmad Dahlan ini tidak hanya bermanfaat untuk internal Muhammadiyah, lebih dari itu bermanfaat untuk Republik Indonesia bahkan dunia dan kemanusiaan universal.
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Islam Nusantara: Dari Ushul Fiqh Hingga Paham Kebangsaan
Akhmad Sahal
Rp63.750 Rp75.000
Diagnosis dan Tatalaksana Kegawatdaruratan Tulang Belakang
Tjokorda G. B. Mahadewa
Rp55.000
Sosiologi Agama: Kajian Tentang Perilaku Institusional dalam Beragama Persis dan Nahdlatul Ulama
Beni Ahmad Saebani
Rp37.800 Rp42.000
Islam: Ditinjau dari Berbagai Aspeknya (Jilid 1)
Harun Nasution
Rp22.500 Rp25.000
Islam: Ditinjau dari Berbagai Aspeknya (Jilid 2)
Harun Nasution
Rp22.500 Rp25.000
(Kembali Ke Atas)