Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Islam

Hukum Ekonomi Syariah: Dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.75
Tahun 2011
ISBN 9786029413137
Penerbit Prenada Media Group
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp126.000 Rp140.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis



Hukum ekonomi syariah sebagai bagian dari syariah atau hukum Islam yang kini berkembang pesat di seluruh dunia dan juga di Indonesia, merupakan penggabungan antara hukum ekonomi konvensional melalui transformasi proses Islamisasi hukum oleh ahli ekonomi Islam dan fikih muamalat konvensional yang berakar panjang dalam sejarah dan tradisi Islam. Tidak mengherankan bila hukum ekonomi syariah ini masih merupakan tial baru di negara berpenduduk muslim, karena minimnya peraturan. perifndang-undangan dan praktik peradilan.

Hukum ekonomi syariah di Indonesia pada. umumnya baruf tersedia dalam bentuk fikih dari para fuqaha' atau fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), yang sebagiannya telah menjadi Peraturan Bank Indonesia melalui upaya positivisasi fatwa. Sejak diberlakukannya Undang-Undang No. 3/2006 yang sekarang telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang No. 50/2010 tentang Peradilan Agama, telah memberikan kewenangan kepada peradilan agama untuk menyelesaikan sengketa ekonomi syariah tersebut.

Peradilan agama bertugas dan berwenang memeriksa,. mengadili, dan menyelesaikan perkara termasuk “ekonomi syariah”; yakni kegiatan usaha yang dilaksanakan menurut prinsip-prinsip syariah yang meliputi bank syariah, lembaga keuangan mikro-syariah, asuransi syariah, reasuransi syariah, reksadana syariah, obligasi syariah dan surat berharga berjangka menengah syariah, sekuritas syariah, pembiayaan syariah, pegadaian syariah, dana pensiun lembaga keuangan syariah dan bisnis syariah.

Semua kewenangan peradilan agama ini dibahas tuntas di dalam buku karya seorang hakim agung ini, yang sangat penting untuk dimiliki para hakim, praktisi hukum, pengusaha perbankan, mahasiswa studi hukum, dan bagi mereka yang ingin memahami kaidah hukum ekonomi syariah yang berlaku di Indonesia
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Aneka Masalah Hukum Perdata Islam di Indonesia
Abdul Manan
Rp84.600 Rp94.000
Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia
Mohammad Daud Ali
Rp79.200 Rp88.000
Prosedur Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah di Indonesia
Ahmad Mujahidin
Rp85.500 Rp95.000
Teori Hukum Ekonomi Syariah
Cholil Nafis
Rp54.000 Rp60.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)