Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Umum

Hukum Administrasi Pertahanan

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.64 kg
Tahun 2019
Halaman 330
ISBN 9786232311176
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp104.400
Harga Normal:Rp116.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pertahanan merupakan salah satu aspek terpenting bagi negara yang merdeka karena aspek pertahanan menjadi agenda pokok mempertahankan berlangsungnya kemerdekaan tersebut. Ditambah lagi, salah satu tuntutan reformasi ialah mengembalikan Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada posisinya sebagai garda pertahanan utama bangsa dan negara. Hukum normatif tentang Ketahanan Bangsa dan Tentara Nasional Indonesia sama-sama memosisikan kedudukan TNI, yaitu dalam hal administrasi dan kebijakan TNI berada pada Kementerian Pertahanan, sedangkan dalam pengerahan dan persenjataan TNI langsung berada di bawah komando Presiden sebagai Panglima Tertinggi Tentara Nasional Indonesia.

Dalam praktiknya, TNI kini dihadapkan pada dinamika pertahanan global yang kian beragam cara dan bentuk yang menghantam berbagai lini dalam negeri yang sejatinya hal tersebut bukan di luar tanggung jawab administrasi TNI, namun dampaknya berimbas pada sisi ketahanan negara. Fenomena tersebut menuntut TNI harus melakukan perubahan paradigma pertahanan, tidak lagi sekadar sebagai kombatan bersenjata di perang nyata, tetapi  juga memainkan peran ganda sebagai supervisi dalam perang ideal yang tengah berlangsung dengan cepat.

Buku ini menguraikan dengan jelas sejumlah isu, masalah sekaligus menawarkan alternatif strategi dan agenda bagi reformasi sistem ketahanan negara. Hukum Administrasi Pertahanan merupakan bagian dari kajian yang menawarkan panduan tentang langkah-langkah pejabat dan atau badan TNI dan elemen lembaga lainnya di dalam menjalankan kewenangan-kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang secara lebih harmonis, komprehensif, dan konstruktif bagi tujuan akhir pertahanan negara Indonesia. Buku ini dapat menjadi referensi  bagi pejabat dari semua kesatuan dan elemen Tentara Nasional Indonesia, Kementrian Pertahanan, Lembaga Ketahanan Nasional, Anggota Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat, Lembaga Negara Kementerian dan Non Kementerian lainnya, Pengajar Perguruan Tinggi, Mahasiswa Program S1, S2, S3 Ilmu Hukum, Ilmu Politik, Ilmu Pertahanan, Kebijakan Publik dan Ketahanan Nasional.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)