belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Hukum    Hukum Umum

Hak Uji Materiil

Berat 0.45 kg
Tahun 2016
Halaman 212
ISBN 9789790076532
Penerbit Sinar Grafika
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp96.300
Harga Normal:Rp107.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Hak Uji Materiil atau yang dikenal dengan istilah jidical review merupakan hak menguji yang dimiliki oleh kekuasaan yudikatif untuk melakukan pengujian terhadap peraturan perundang-undangan di tingkat Mahkamah Agung. konsep pengujian ini lahir sebagai bentuk konsekuensi dari prinsip check and balnces antarorgan pelaksana kekuasaan negara.

Bertitik tolak pada Pasal 24A ayat (1) UUD NKRI 1945 jo. peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 1993 tentang Hak Uji Materil, landasan konstusional  terhadap kewenagan atribusi Mahkamah Agung untuk melakukan uji materil atas peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. selanjutnya ketentuan tentang uji materil ini juga dimuat dalam UU No. 48 Tahun 2009 dan UU No. 3 Tahun 2009, kesemua pembahasan hak uji materil Mahkamah Agung di atas akan dikupas secara komprehensif mulai dari perkembangannya hingga prosedur beracaranya dalam buku Hak Uji Materil ini.

kehadiran buku inidiharapkan dapat berguna tidak hanya sebagai pendamping mahasiswa fakultas hukum di bidang hukum acara tetapi juga bermanfaat bagi praktisi hukum dan para hakim agung dalam melakukan uji materil terhadap peratuan perundang-undangan di indonesia.

(Kembali Ke Atas)

Ulasan

M. Farouq S. AMd.SE.SH.SHI.BKP, 13 September, 2017Rating: 5 dari 5 Bintang!
Bagaimanapun juga suatu produk hukum termasuk produk hukum adalah hasil buatan manusia yang bersifat terbatas dan jauh dari sempurna. Meskipun dengan segenap upaya tercurahkan untuk membuat sedemikian rupa, tetap saja tidak menutup kemungkina terjadinya kesalahan maupun cacat hukum baik dari segi bentuk formilnya maupun dari segi isi, materi muatan yang terkandung didalamnya. Oleh karena itu, untuk menjamin kepastian hukum dan keadilan perlu adanya sarana; (i) pengujian terhadap setiap produk hukum peraturan perundang-undangan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah bersama lembaga legislatif; (ii) perlawanan dan/atau pembatalan terhadap setiap produk hokum peraturan perundang-undangan yang derajatnya dibawah UU yang telah diterbitkan oleh pejabat yang berwenang (pejabat administrasi pemerintahan dan hakim), berdasarkan persyaratan dan tatacara yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pengujian terhadap setiap produk hukum peraturan perundang-undangan dilakukan dengan cara menganalisa kesesuaian isi maupaun bentuk dari suatu produk hukum, kemudian apabila diketemukan dan terbukti adanya pertentangan antara satu peraturan hukum dengan produk hukum perundang-undanganya lain yang hierarkinya lebih rendah dapat dinyatakan “tidak sah” atau dinyatakan “batal” dan/atau “batal demi hukum”, sehingga tidak lagi mempunyai daya kekuatan hukum mengikat. Lingkup pengujian terhadap peraturan perundang-undangan, dapat dilakukan dalam 2 bentuk tingkatan, yaitu; (i) pengujian undang-undang (wettelijke regels) terhadap UUD 1945 yang dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) disebut dengan judicial review, dan (ii) pengujian peraturan yang berada dibawah undang-undang (beleidsregels) Undang-undang yang dilakukan oleh Mahkamah Agung (MA).
Dalam buku dijelaskan lengkap seluk beluk judicial revie ke MK, bagaimana sejarahnya dan bagaimana teknis pengajuan, proses persidangan, apa asas-asas hukumnya, proses pemeriksaan, model putusan dan pelaksanaan putxsannya. sehingga sangat bermanfaat bagi akademisi dan praktisi hukum khusunya di bidang ilmu tata negara dan hukum tata pemerintahan.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Struktur Ilmu Hukum (De Structuur Der Rechtswetenschap)
Paul Scholten
Rp45.000 Rp50.000
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Burgerlijk Wetboek)
R. Subekti
Rp177.300 Rp197.000
Teori Hukum Kritis: Posisi Hukum dalam Masyarakat Modern
Roberto M. Unger
Rp69.300 Rp77.000
Perbandingan Hukum Administrasi Negara
C.S.T. Kansil, Christine ..
Rp81.000 Rp90.000
Teori Hukum Murni: Dasar-Dasar Ilmu Hukum Normatif
Hans Kelsen
Rp80.100 Rp89.000
(Kembali Ke Atas)