belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan

Geografi Penduduk

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.55 kg
Tahun 2018
Halaman 294
ISBN 9786024253721
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp89.100
Harga Normal:Rp99.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Fenomena kependudukan hampir terjadi di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Fenomena kependudukan tersebut, tentu saja perlu dipahami secara komprehensif, dianalisis variasinya, dan alasan mengapa fenomena kependudukan berbeda antarruang dan wilayah. Buku ini hadir dengan maksud memberikan pemahaman semacam itu dan dengan diharapkan tersusunnya buku ini kemampuan dalam memahami fenomena kependudukan khususnya dalam konteks kegeografian (aspek-aspek keruangan penduduk) dapat diperjelas dan diperluas.

Mengangkat topik tentang geografi kependudukan, buku ini terdiri dari beberapa pembahasan. Pada awal pembahasan, buku ini dibuka dengan pembahasan yang mengantarkan pembaca pada pentingnya mempelajari geografi penduduk. Disusul dengan pembahasan tentang konsep dasar geografi penduduk dan sumber-sumber data penduduk. Selanjutnya disajikan pembahasan mengenai komposisi penduduk dalam perspektif ruang serta pembahasan ihwal penduduk bumi dan perkembangannya. Berikutnya dihidangkan pembahasan tentang mortalitas dan pembangunan serta pembahasan tentang variasi mortalitas dunia. Lalu disambung dengan pembahasan terkait konsep dasar dan pola fertilitas serta transisi demografi, dan pembahasan mengenai variasi fertilitas di bumi. Lantas dilanjutkan dengan pembahasan seputar konsep dasar mobilitas penduduk, pengukuran, dan migrasi internal, serta pembahasan terkait migrasi internasional dan transisi mobilitas. Di bagian akhir buku ini dibahas tentang pertumbuhan penduduk dan tantangannya.

Buku ini diperuntukkan tidak saja bagi para akademisi, namun juga bagi para mahasiswa, terutama yang berasal baik dari Program Studi Geografi atau Studi Ilmu Sosial dan Humaniora. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan bacaan bagi masyarakat yang memiliki minat dengan tema geografi dan kependudukan atau mereka yang ingin mengenal lebih dekat geografi kependudukan.