belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Genetika Kebudayaan (Seri 2)

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.34 kg
Tahun 2012
Halaman 162
ISBN 9786028555500
Penerbit Salemba Humanika
Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga:Rp47.610
Harga Normal:Rp52.900
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

    Kebudayaan dan manusia merupakan dua hal yang tidak terpisahkan, sehingga sebagian besar teori kebudayaan meletakkan kebudayaan sebagai sebuah karakter distingtif manusia dibandingkan binatang lainnya. Terdapat berbagai sudut pandang dalam menjelaskan kebudayaan, salah satunya adalah teori dan perspektif Darwinian yang kemudian berkembang menjadi neo-Darwinian, lalu menuntuk eksplanasi koheren mengenai struktur biologis dan kebudayaan spesies manusia. Implikasi teoretis yang disadari oleh Richard Dawkins tersebut melihat bahwa evolusi tidak hanya terjadi di tingkat genetika biologi, tetapi di tingkat memetik kebudayaan juga. Dengan dasar naturalistik, diperkenalkanlah istilah meme sebagai unit transmisi kebudayaan yang sepadan dengan pengertian gen sebagai unit transmisi kebudayaan yang sepadan dengan pengertian gen sebagai unit transmisi biologis.

Buku ini merupakan kelanjutan dari Evolusi Kebudayaan yang mengeksplorasi apa yang dikerjakan oleh Richard Dawkins, Susan Blackmore, Daniel Dennett, dan Geoffrey Miller dalam memberikan penjelasan yang komprehensif dari segi biologi, sehingga diperkenalkanlah prinsip memetika, yaitu ilmu tentang meme (kebudayaan). Meme melibatkan tidak hanya fitur biologis dasar (gen dan segala yang fisik-organis), tetapi juga sesuatu yang lebih kualitatif, yaitu kesadaran. Pada poin ini, manusia melampaui spesies lain dan terlibat dalam evolusi kebudayaan yang demikian kompleks, cepat, dan melebihi kecepatan evolusi biologis. Dalam nuansa tersebut, begitu banyak keterangan mengenai perilaku, kepercayaan, dan sifat-sifat manusia dapat dihadirkan. Salah satu gejala kebudayaan kontemporer manusia adalah fenomena konsumsi.

FITUR-FITUR BUKU

Buku ini dibagi ke dalam dua bagian, yaitu teoretis dan telaah kebudayaan kontemporer (konsumsi). Bagian pertama menerangkan spectrum luas meme yang meliputi dasar-dasar teoretis dan eksplanasi umum. Bagian kedua spesifik menerangkan bagian konsumsi pada kebudayaan masyarakat kontemporer. Dengan demikian, diharapkan pembaca akan memperoleh penjelasan yang memadai mengenai manusia dan kebudayaannya, baik pada model teoretisnya maupun dalam telaah konsumsi.

SASARAN PEMBACA

Akademisi, dosen dan mahasiswa, yang mengampu bidang filsafat, khususnya filsafat budaya dan filsafat sosial, serta para praktisi yang mendalami bidang filsafat dan pengamat budaya.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bagian 1 Dasar Teoretis
Bab 1 Meme dan Budaya (Evolusi Kebudayaan)
Bab 2 Meme Kompleks
Bagian 2 Telaah Budaya (Konsumtif) Kontemporer
Bab 3 Masyarakat Konsumsi
Bab 4 Delusi Konsumtivisme
Bab 5 Perspektif Darwinian
Bab 6 Penyesuaian Diri dan Agresivitas
Bab 7 Kebijakan Mengurangi Efek Buruk Konsumsi
Bab 8 Kesadaran
Bab 9 Tubuh Konsumtif
Bab 10 Marketing sebagai Pusat Kebudayaan
Bab 11 Keterbukaan
Bab 12 Narticissistic Personality Disorder
Bab 13 Analisis Sosiologis-Marxian Baudrillard tentang Masyarakat Konsumsi
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Teori Budaya
David Kaplan, Robert A. M..
Rp63.000 Rp70.000
Teori-teori Kebudayaan: Dari Teori Hingga Aplikasi
Sulasman
Rp45.000 Rp50.000
(Kembali Ke Atas)