Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Falsafah Ekonomi Syariah

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.43
Tahun 2020
ISBN 9786024259907
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp70.200 Rp78.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Sebagai cabang ilmu, ekonomi syariah bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan bagi setiap individu yang membawa kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat (falah). Perhatian utama ekonomi syariah adalah pada upaya bagaimana manusia meningkatkan kesejahteraan materialnya yang sekaligus akan meningkatkan kesejahteraan spiritualnya. Sebab, aspek spiritual harus hadir bersamaan dengan target material, maka diperlukan sarana penopang utama, yakni moralitas pelaku ekonomi.

Mewujudkan kesejahteraan hakiki bagi manusia merupakan dasar sekaligus tujuan utama dari syariat Islam, karenanya juga merupakan tujuan ekonomi syariah. Ekonomi syariah tidak sekedar berorientasi untuk pembangunan fisik-materian dari individu, masyarakat dan negara saja, tetapi juga memperhatikan pembangunan aspek spiritual yang merupakan elemen penting bagi kehidupan yang sejahtera dan bahagia. Pembangunan keimanan, misalnya, prakondisi yang diperlukan dalam ekonomi syariah dan merupakan fondasi bagi seluruh perilaku individu dan masyarakat.

Manusia memerlukan pemenuhan kebutuhan keimanan yang benar, yang mampu membentuk preferensi, sikap, pengambilan keputusan, dan perilaku masyarakat yang mengarah pada perwujudan mashlahah untuk mencapai falah. Sebaliknya, pembangunan yang hanya mengutamakan kepentingan individu tanpa memperhatikan dimensi sosial akan memunculkan ketidakharmonisan yang akhirnya akan mengganggu proses pembangunan itu sendiri.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)