belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Bisnis & Keuangan    Manajemen

Etika Komunikasi Islam

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.19 kg
Tahun 2012
Halaman 270
ISBN 9789790762053
Penerbit Pustaka Setia
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp31.500
Harga Normal:Rp35.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Di negara-negara muslim, pondasi epitemologi dan etis pelaksanaan praktik media masih berakar pada ideologi dan filosofi Barat. Praktik dan prosesnya berdasarkan pada niali jual dan mekanisme pasar .Meskipun menurut Islam, komunikasi hendaknya dalam rangka mewujudkan keadilan, kejujuran, kesederhanan, keberanian, kedamaian, etos kerja, amanah,kritis (prinsip tawashau bilhaq dan taqashau bis as-sabr), amar ma’ruf  dan nahi munkar . Dengan demikian, media masa Islam harus mewujudkan transfer of  knowledge untuk terciptanya kebijaksanaan dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut penulis buku ini, berbicara konsep Islam tentang media berarti menelusuri konsep media komunikasi dalam Al-Quran,As-sunnah , dan pandangan ulama sebagai komentator kedua sumber Islam. Dalam Islam Komunikasi adalah tabligh, yang merupakan konsep dakwah sebagi aktifitas penyampaian pesan0pesan Allah SWT. dan Rasullullah SAW. yang disampaikan dengan hikmah (bijaksana dan filosofis), mauizhah hasanah  (nasihat yang baik), mujadalah ahsan (diskusi yang baik), ya’muruna bil ma’ruf wayanhawna’anil mungkar (mengajak kepada kebajikan dan melarang berbuat kemunkaran). qula li an-nasi husna ( berbicara kepada manusia dengan cara yang baik), qaulan sadidian (berbicara dengan tegas).

Buku ini sangat luas pembahasannya dan merupakan salah satu buku yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa yang menggeluti komunikasi Islam. Uraian etika komuniasi Islam yang terdapat pada buku ini akan membuka dan menambah wawasan tentang makna filosofis etika komunikasi dalam Islam dan perbandingannya dengan etika komunikasi Barat. Agar lebih memuaskan kita semua, lebih baik membaca langsung karya Dr. H.M. Tata Taufik ini.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)