belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 Troli
Buku    Referensi & Ensiklopedi    Ensiklopedi

Ensiklopedia Pulau-pulau Kecil Nusantara: DKI Jakarta: Seribu Nusa Ibukota di Laut Jawa

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.64 kg
Tahun 2016
ISBN 9789797099756
Penerbit Buku Kompas
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp90.000
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Dari masa lalu ketika transportasi laut masih berjaya, hingga kini ketika Indonesia kembali melirik laut sebagai hamparan yang melahirkan peradaban, pesona Kepulauan Seribu tak ada habisnya.
 
Nama-nama pulau di Kepulauan Seribu sudah muncul dalam catatan para pelaut internasional sejak abad 17. Sebuah catatan pelayaran perusahaan kapal berjudul Directions For Sailing to and from the East Indies, China, Australia, Cape of Good Hope, Brazil and Interjacent Ports, yang berisi petunjuk detail dan teknis rute pelayaran, menyebut Kuyper’s Island (kini sebagai Pulau Cipir) sebagai pulau yang lebih baik dihindari karena menyebabkan kapal karam. Demikian Kepulauan Seribu, walau jumlahnya tak sampai seribu, pesonanya semakin lama semakin nyata.
 
Dari wilayah seluas 869,61 hektare dengan 110 pulau ini, hanya 11 pulau yang digunakan sebagai permukiman. Secara administratif, permukiman tersebut dibagi menjadi 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara terdiri dari 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan. Sedangkan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan terdiri dari 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Untungjawa, Pulau Tidung, dan Pulau Pari.
 
Buku Ensiklopedia Pulau-pulau Kecil di Provinsi DKI Jakarta, memberikan kontribusi untuk pengembangan pulau-pulau dan promosi potensi sumber daya yang ada di dalamnya sehingga memberikan manfaat dan keuntungan bagi kesejahteraan masyarakat. Basuki Tjahaja Purnama (Gubernur Provinsi DKI Jakarta)

Teluk Jakarta berada pada posisi strategis nasional dengan 13 muara sungai pembuangan hasil dari aktivitas berbagai pembangunan di hilir sampai hulu, yang memengaruhi maraknya perusakan lingkungan pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil. Manusia memegang peran penting, akibat faktor ketidaktahuan (ignorance) atau hanya mementingkan profit. Konsep-konsep dasar ekologi khususnya dalam pengambilan keputusan pembangunan berkelanjutan (sustainable development), dalam pendidikan lingkungan kaitannya dengan biodiversitas, konsep ecological efficiency dalam greengrowth for social justice, serta ekologi dalam manajemen lingkungan menjadi perlu diterapkan di Teluk Jakarta. Prof. Dr. I Made Putrawan (Pakar Pendidikan Lingkungan Universitas Negeri Jakarta)
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia
Zulyani Hidayah
Rp153.000 Rp170.000
Ensiklopedia Tubuh Manusia: Sebuah Panduan Berilustrasi Mengenai Struktur, Fungsi, dan Kelainan Tubuh Manusia (Edisi 2)
Steve Parker
Rp469.800 Rp522.000
Ensiklopedia Pulau-pulau Kecil Nusantara: Kalimantan Timur: Nusa Sei Mahakam di Laut Makassar dan Laut Sulawesi
Tim Kementerian Kelautan ..
Rp90.000
Ensiklopedia Populer Pulau-pulau Kecil Nusantara: Jawa Barat: Merentang Laut Jawa Hingga Samudera Hindia
Tim Kementerian Kelautan ..
Rp79.000
Ensiklopedia Dunia Satwa: Burung
Rp75.000
(Kembali Ke Atas)