belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Referensi & Ensiklopedi    Ensiklopedi

Ensiklopedia Populer Pulau-pulau Kecil Nusantara: Jawa Barat: Merentang Laut Jawa Hingga Samudera Hindia

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.56 kg
Tahun 2016
ISBN 9789797099565
Penerbit Buku Kompas
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp79.000
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Padahal, berapa banyak masyarakat yang sudah mengintip kegairahan Tempat Pelelangan Ikan Karangsong di Indramayu, lengkap dengan hutan mangrove yang letaknya cukup berdekatan. Menjadikan lokasi ini, jika dikelola secara maksimal, tidak kalah bersaing dengan tempat pelelangan ikan di mancanegara yang menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Atau menyeberang laut menuju sebuah pulau di Indramayu untuk sekadar bercengkerama dengan biawak, hewan yang masih satu rumpun dengan komodo.
 
Siapa pula yang menyangka kalau Jawa Barat menyimpan sebuah pulau kecil tak berpenduduk yang harus senantiasa dijaga karena merupakan pulau terluar, garda depan Nusantara yang berbatasan langsung dengan Australia. Atau keberadaan miniatur Bali di Kabupaten Tasikmalaya yang begitu syahdu dan tempat terbaik menikmati matahari terbit. Belum banyak terjamah oleh wisatawan lokal dan mancanegara, tapi sedang berbenah diri ketika suatu saat nanti gaungnya menggema luas. Pun, dengan taman bumi raksasa di Sukabumi, yang merupakan Palung Subduksi atau tempat terjadinya lekukan pada lempeng Samudra yang bergesekan dengan Lempeng Benua puluhan juta tahun lalu yang menghasilkan fosil batuan tertua di Jawa Barat. Menciptakan orkestra alam yang kompleks, tetapi sangat indah. Menjadikan perairan di sekitarnya dihuni oleh spesies ikan hias yang unik khas negara tertentu, seperti ikan hias Angel Africa dan Flanback, ikan hias khas Afrika dan Hawaii.
 
Ribuan pulau kecil Nusantara yang tersebar dan menguntai dari Pulau Rondo (Aceh) sampai Pulau Kolepom, Kab. Merauke (Papua), dari Pulau Miangas (Sulut) sampai Pulau Rote (NTT) merupakan potensi bangsa Indonesia yang perlu dikelola dan dikembangkan secara berkelanjutan. Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan)
 
Ensiklopedia ini diharapkan berperan menghidupkan budaya maritim, tidak selesai sebagai wacana dengan menunjukkan data dua pertiga wilayah NKRI adalah air, tetapi juga membangun kecintaan pada isi dapur Indonesia. Termasuk menghilangkan pertanyaan kritis dalam kaitan SDM-nya: sosok nelayan, mengapa selalu berkonotasi kemiskinan, ketelantaran, dan ketertinggalan? Dimulai dengan penerbitan Provinsi Sulawesi Tengah, menurut saya tepat karena secara topografis di kawasan Indonesia Tengah terletak garis Wallace—garis imajiner yang membedakannya dengan Indonesia Barat dan Indonesia Timur—terdapat berbagai keistimewaan. Dan hingga kini telah terbit beberapa buku provinsi lain, di antaranya Kalimantan Timur. Jakob Oetama (Pemimpin Umum Kompas)
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia
Zulyani Hidayah
Rp153.000 Rp170.000
Ensiklopedia Tubuh Manusia: Sebuah Panduan Berilustrasi Mengenai Struktur, Fungsi, dan Kelainan Tubuh Manusia (Edisi 2)
Steve Parker
Rp469.800 Rp522.000
Ensiklopedia Pulau-pulau Kecil Nusantara: Kalimantan Timur: Nusa Sei Mahakam di Laut Makassar dan Laut Sulawesi
Tim Kementerian Kelautan ..
Rp90.000
Ensiklopedia Pulau-pulau Kecil Nusantara: DKI Jakarta: Seribu Nusa Ibukota di Laut Jawa
Tim Kementerian Kelautan ..
Rp90.000
Ensiklopedia Dunia Satwa: Burung
Rp75.000
(Kembali Ke Atas)