Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Ekonomi Syariah

Berat 0.40
Tahun 2012
Halaman 370
ISBN 9789790761964
Penerbit Pustaka Setia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp56.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Pengantar Ekonomi Syariah: Teori dan Praktik
Nur Rianto Al Arif
Rp60.000
Teori Hukum Ekonomi Syariah
Cholil Nafis
Rp60.000
Perbankan Syariah
Ismail
Rp60.000
Hukum Acara Pidana Indonesia (Edisi 2)
Andi Hamzah
Rp103.000
Lainnya+   

Sinopsis

Kehadiran ekonomi syariah sebagai sebuah sistem ekonomi solutif, bukanlah fatamorgana. Berkembangnya institusi-institusi keuangan syariah, merupakan bukti empiris yang tidak bisa terbantahkan. Institusi-institusi keuangan syariah, baik bank mapun nonbank merupakan bentuk nyata bahwa nilai-nilai syariah bisa di implementasikan dalam seluruh sendi kehidupan, termasuk dalam sendi ekonomi.

Karakterisitik institusi keuangan syariah adalah terbebas dari segala bentuk transaksi ribawi. Transaksi ribawi mweupakan salah satu biang kerusakan tatanan keuangan global. Lebih parah lagi, saat ini, transaksi ribawi berkolaborasi dengan transaksi maesyir (gambling) dan gharar (uncertainty), yang kemudian dikemas secara batil. Selama sistem keuangan masih menggunakan instrumen tersebut, selama itu juga sistem ekonomi dan keuangan dunia tidak akan pernah berhenti dari krisis dan akan terus bergejolak. Kalaupun tenang, itu hanya sebentar, suatu saat akan bergemuruh lagi dan bisa mematikan.

ekonomi syariah membebaskan dirinya dari praktik transaksi riba, maesyir, dan gharar.  Transaksi riba diganti dengan instrumen mudharabah(profit and loss sharing), transaksi maesyir diganti dengan instrumen anta radhim  minkum (kerelaan para pihak yang bertransaksi), transaksi gharar diganti dengan transaksi keterbukaan. Kemudian pada tataran operasionalnya, instrumen tersebut terintegrasi dengan prinsip al-a’dalah (keadilan), prinsip nubuwiyah (kenabian), prinsip illahiyah (ketuhanan), prinsip hurriyah (kebebasan), prinsip khuluqiyah (moral etik), prinsip insaniyah (kemanusiaan) dan prinsip iqtisadiyah (keseimbangan ekonomis).
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)