belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Bisnis & Keuangan    Perpajakan

Dinamika Kebijakan Tarif Cukai Rokok: The Untold Story

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.54 kg
Tahun 2019
Halaman 196
ISBN 9786023858811
Penerbit Noura Books
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp88.200
Harga Normal:Rp98.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Penentuan tarif cukai rokok selalu menjadi perdebatan dan mengundang polemik di kalangan masyarakat. Tak banyak yang tahu kalau dalam proses penyusunannya begitu kompleks dan melibatkan banyak pihak.
Berdasarkan 20 tahun pengalaman, penulis menguak secara transparan berbagai hal di balik proses penyusunan tarif cukai yang jarang diketahui masyarakat umum. Mulai dari latar belakang pertimbangan yang diambil, berbagai perubahan sistem, dasar kebijakan yang seolah saling berlawanan, cerita di balik peristiwa uji materiel PMK-167/PMK.011/2011, peta jalan simplifikasi struktur tarif cukai Hasil Tembakau, hingga pengenaan cukai untuk produk vape (e-liquid/e-juice).
Ditulis secara lugas dan popular, buku ini bisa menjadi panduan penyusunan dan pertimbangan kebijakan tarif cukai Hasil Tembakau di Indonesia bagi pemerintah, pembuat kebijakan, akademisi, pelaku industri, dan mahasiswa perpajakan, khususnya cukai Hasil Tembakau.

“Dinamika Kebijakan Tarif Cukai Rokok di Indonesia merupakan buku yang padat informasi. Terutama untuk yang ingin mengetahui berbagai teka-teki terkait berbagai hal di balik kebijakan cukai yang selama ini tidak terpublikasikan. Buku ini secara detail mengupas dasar alasan penggolongan besaran tarif cukai berdasarkan jumlah produksi untuk masing-masing jenis rokok SKM, SPM, dan SKT. Juga, dasar pertimbangan perbedaan klasifikasi usaha industri, di mana ada yang masuk PKP dan non-PKP. Termasuk memaparkan tantangan pemerintah dalam mengupayakan playing field yang tepat melalui stuktur tarif cukai berjenjang. Pasalnya, stuktur industri rokok Indonesia sangat majemuk dengan jumlah pabrik mencapai 800-an, sedangkan di negara lain tak lebih dari 10 pabrik. Untuk itu, buku ini dapat dijadikan referensi yang sangat berguna bagi semua pemangku kepentingan dalam menyusun roadmap tarif cukai ke depan yang proporsional dan berkeadilan. Dengan demikian, dapat mengakhiri kegaduhan setiap penetapan tarif cukai HT, dan tidak perlu lagi Presiden turun tangan mengurus masalah cukai.”
--Enny Sri Hartati, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

“Kebijakan pemungutan cukai, terutama atas Hasil Tembakau, tak jarang menyulut kontroversi. Pertarungan kepentingan dan ketidakjelasan arah kebijakan kadang menyisakan ruang gelap yang penuh tanda tanya. Di sisi lain, institusi pemungut cukai terus menjadi tumpuan bagi pundi-pundi negara. Untuk itu, kompleksitas masalah di sektor ini perlu secara jernih diurai dan dipahami. Buku ini tidak sekadar penting, tapi juga hadir pada waktu yang tepat. Menampik tuduhan serampangan seolah kebijakan pemungutan cukai tak cukup matang, buku ini membuka tabir dan membabar banyak hal baru yang selama ini tersembunyi. Sikap penuh kehati-hatian ini patut dijadikan kiblat pergumulan para pengambil kebijakan.”

--Yustinus Prastowo, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA)
 

(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)