Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Politik

Demokrasi, Pilkada, dan Penyelesaian Perselisihan Hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.49
Tahun 2020
Halaman 224
ISBN 9786232314993
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp79.200 Rp88.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dalam memilih pemimpin dilaksanakan secara demokratis yaitu melalui Pemilihan baik di pusat maupun di daerah. Pemilihan merupakan syarat minimal penyelenggaraan suatu democratic system. Para pemimpin di daerah provinsi, kabupaten, dan kota dipilih melalui mekanisme yang jujur, adil, dan berkala. Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung (demokratis) dan pemilu serentak oleh rakyat merupakan suatu proses politik bangsa Indonesia menuju kehidupan politik yang lebih demokratis, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab. Untuk itu, demi menjamin pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak yang berkualitas dan memenuhi derajat kompetisi yang sehat, persyaratan dan tata cara pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan tersendiri.

Dengan demikian, sangat perlu didesain suatu treatment bagaimana agar penyelenggaraan Pemilihan berjalan secara demokratis dan dapat menghasilkan pemimpin yang berintegritas serta bertanggung jawab. Dukungan dalam mewujudkan Pemilihan yang berkualitas juga dipengaruhi oleh lembaga penyelesaian perselisihan hasil Pemilihan, dalam hal ini Mahkamah Konstitusi. Dalam menyelesaikan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah, Mahkamah Konstitusi sudah mempersiapkan prosedur dan mekanisme beracara di Mahkamah, yang dikenal dengan Hukum Acara Mahkamah Konstitusi atau lebih dikenal dengan Peraturan Mahkamah Konstitusi. Dalam buku ini penulis menyajikan bagaimana demokrasi dan hukum acara penyelesaian perselisihan hasil pilkada serentak dalam pelaksanaan Pemilihan yang demokratis dengan mengedepankan prinsip transparency, accountable, have integrity, serta to be responsible sehingga pemilihan kepala daerah yang berkualitas dan berkeadilan (sense of justice) tercapai.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Peradilan Etik dan Etika Konstitusi: Perspektif Baru tentang Rule Of Law and Rule Of Ethics dan Constitutional Law and Constitutional Ethics (Edisi Revisi)
Jimly Asshiddiqie
Rp98.100 Rp109.000
Propaganda dan Perang Urat Syaraf
Moeryanto Ginting Munthe
Rp54.000 Rp60.000
Legal Issues pada Peradilan Tata Usaha Negara Pasca-Reformasi: Hukum Acara dan Peradilan Elektronik
Sudarsono
Rp78.300 Rp87.000
Welfare State vs Globalisasi: Gagasan Negara Kesejahteraan di Indonesia
I D.G. Palguna
Rp89.100 Rp99.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)