belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Komputer & Internet    Pemrograman

Dasar Sistem Komunikasi Menggunakan Matlab

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.55 kg
Tahun 2019
Halaman 410
ISBN 9789792971705
Penerbit Andi
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp130.500
Harga Normal:Rp145.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

 

Tujuan buku ini adalah sebagai pendamping atau suplemen dari setiap buku teks sistem komunikasi. Buku ini menyediakan sejumlah latihan yang dapat diselesaikan dengan MATLAB. Buku ini tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa S-1 dan S-2, tetapi juga oleh para insinyur yang ingin belajar aplikasi-aplikasi MATLAB untuk sistem komunikasi.

Bab 1: Sinyal dan Sistem Linier. Pada bab ini, Anda akan mempelajari beberapa perangkat dan teknik dasar dari analisis sistem linier yang digunakan pada analisis sistem komunikasi. Sistem linier dan karakteristiknya digunakan pada domain waktu dan domain frekuensi sehingga probabilitas dan analisis sinyal acak yang merupakan dua topik fundamental, harus dipahami ketika mempelajari sistem komunikasi. Hampir semua kanal dan banyak subblok pemancar dan penerima dapat dimodelkan sebagai sistem LTI (Linear Time Invariant) sehingga perangkat dan teknik dari analisis sistem linier dapat digunakan untuk menganalisisnya.

Bab 2: Proses Acak. Anda akan belajar metode untuk membangkitkan variabel-variabel acak dan cuplik-cuplik dari proses acak. Anda akan memulainya dengan mempelajari deskripsi metode untuk membangkitkan variabel-variabel acak dengan fungsi distribusi probabilitas tertentu. Selanjutnya, Anda akan mempelajari proses Gaussian dan proses Gauss Markov serta mengenal metode untuk menghasilkan cuplik-cuplik dari kedua proses itu. Topik ketiga yang akan Anda pelajari adalah karakterisasi sebuah proses acak stasioner menggunakan korelasi dirinya pada domain waktu dan menggunakan spektrum dayanya pada domain frekuensi.

Bab 3: Modulasi. Anda akan mempelajari kinerja dari sejumlah skema modulasi demodulasi dengan kehadiran dan absensi dari derau aditif. Sistem-sistem yang dipelajari pada bab ini mencakup skema-skema modulasi amplitudo (AM), seperti DSB-AM, SSB-AM, dan AM konvensional, serta skema-skema modulasi-sudut, seperti modulasi frekuensi dan modulasi fase.

Bab 4Konversi Analog ke Digital. Anda akan mempelajari sejumlah metode dan teknik untuk mengonversi sumber analog menjadi runtun digital dengan cara yang efisien. Ini diperlukan karena pada bab-bab berikutnya Anda akan melihat bahwa informasi digital lebih mudah diproses, dikomunikasikan, dan disimpan.

Bab 5Transmisi Baseband Digital. Anda akan mempelajari sejumlah teknik modulasi dan demodulasi baseband digital untuk mentransmisikan informasi digital melalui kanal berderau Gaussian putih aditif. Anda akan memulainya dengan mempelajari modulasi pulsa biner serta beberapa metode modulasi tak biner.
Bab 6 Transmisi Digital Melalui Kanal Lebar Pita Terbatas.Anda akan mempelajari aspek-aspek dari transmisi digital melalui kanal-kanal dengan lebar pita terbatas. Anda akan mengawalinya dengan mempelajari karakteristik spektrum dari sinyal-sinyal PAM. Selanjutnya, Anda akan menelaah karakteristik dari kanal dengan lebar pita terbatas dan permasalahan perancangan gelombang sinyal untuk kanal semacam itu. Berikutnya, Anda akan mengkaji permasalahan perancangan ekualisator kanal yang mengompensasi distorsi yang disebabkan oleh kanal dengan lebar pita terbatas. Anda akan membuktikan bahwa distorsi kanal pada interferensi antarsimbol (ISI, Intersymbol Interference) yang menyebabkan error pada demodulasi sinyal.

Pada buku ini, diberikan pula dua bonus yang berkaitan dengan sistem kontrol karena menurut pengalaman penulis, mereka yang mempelajari sistem komunikasi tentu mempelajari sistem kontrol juga. Selamat membaca!

(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)