belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Hukum    Ilmu Hukum

Constitutional Engineering: Desain Stabilitas Pemerintahan Demokrasi dan Sistem Kepartaian

Oleh Firdaus
Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.45 kg
Tahun 2015
ISBN 9786023740727
Penerbit Yrama Widya
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp81.000
Harga Normal:Rp90.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Isu tentang pemerintahan memang topik yang menarik untuk diperbincangkan oleh seluruh pihak, termasuk para ilmuwan di bidang politik. Sistem kepartaian yang ada di Indonesia akan selalu dikaitkan dengan stabilitas pemerintahan. Hal tersebut memicu pertanyaan yang mendasar untuk kita semua, apakah sistem kepartaian yang diterapkan di negara ini memiliki kecenderungan untuk menghasilkan pemerintahan yang stabil?

Untuk menjawab hal tersebut tentu saja kita harus melihat dari berbagai perspektif. Stabilitas sebuah pemerintahan tidak cukup hanya melihat sistem pemilu saja. Akan tetapi, kita harus melihat juga sistem pemerintahan yang dianut, apakah presidensial, parlementer, ataukah semipresidensial? Realitas yang terjadi di negara kita, sistem pemerintahannya presidensial dengan sistem multi partai. Perpaduan keduanya dapat saja menciptakan stabilitas dalam pemerintahan. Akan tetapi, jika kita urut ke belakang mengenai pemberhentian Presiden Soekarno melalui Sidang Istimewa MPRS tahun 1967 dan pemberhentian Presiden Abdurrahman Wahid dalam Sidang Istimewa MPR tahun 2001 menunjukkan bahwa stabilitas pemerintahan tidak hanya terkait sistem kepartaian, tetapi  bagian yang tidak terpisahkan dari desain sistem pemerintahan dan sistem ketatanegaraan secara menyeluruh.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sesungguhnya sistem pelembagaan partai merupakan bagian dari desain sistem ketatanegaraan (constitutional engineering). Desain konstitusi yang baik tidak hanya merujuk pada perlindungan hak asasi manusia, pembagian dan pemisahan kekuasaan, serta kekuasaan kehakiman yang merdeka, tetapi juga pada proses konsolidasi demokrasi secara gradual dalam kebebasan dan kesetaraan. Substansi paling tampak dari constitutional engineering terletak pada kemampuan konsitusi melayani dan mengendalikan semua kepentingan tanpa harus tersandera oleh satu kekuatan politik tertentu secara ekstrem. Di samping itu, ia harus memiliki perangkat pengendali untuk memecahkan kebuntuan jika lembaga legislatif dan eksekutif berada pada posisi diametral.

(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (Edisi Revisi 2014)
Hafied Cangara
Rp134.100 Rp149.000
Partai, Pemilu, dan Parlemen: Era Reformasi
Syamsuddin Haris
Rp63.000 Rp70.000
Seri Buku Pemilu dan Partai Politik: Belajar dari Politik Lokal
Chusnul Mar'iyah
Rp49.500 Rp55.000
(Kembali Ke Atas)