belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Novel & Sastra    Novel Roman

Burung-Burung Manyar

Berat 0.38 kg
Tahun 2014
Halaman 406
ISBN 9789797098421
Penerbit Buku Kompas
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp75.000
Tersedia:Dikirim hari ini bila pembayaran diterima SEBELUM pukul 15.30 WIB. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Burung-burung Manyar merupakan roman yang ditulis Y.B. Mangunwijaya dengan penuh keberanian dan kejujuran tentang kehidupan manusia-manusia yang terlibat peperangan baik fisik maupun batin.

Roman ini telah mendapat tanggapan positif dari kritikus sastra, penulis resensi dari berbagai media massa dan para sastrawan. Buku ini sudah diterjemahkan dalam edisi bahasa Jepang berjudul Arasi no Naka no Manyar (1987), dalam bahasa Belanda Het boek van de Wevervogel (1987), dalam bahasa Inggris The Weaverbirds (1989).
 
Pengarang cerita ini memperlihatkan pengetahuan dan pengalaman yang banyak serta pengetahuan tentang manusia yang mendalam. Nadanya di sana-sini humoristis, kadang-kadang tajam mengiris. Ia menganalisis diri dan mengejek diri tak tanggung-tanggung, suatu tanda kedewasaan jiwa. Bahasanya segar dan gurih, ngelotok, kontemporer. Isinya penuh pengalaman dahsyat, keras, dan kasar, tapi juga romantik penuh kelembutan dan kemesraan. (H.B.Jassin)

Y.B. Mangunwijaya dengan novelnya Burung-burung Manyar mencoba melihat revolusi Indonesia dari segi yang objektif bahkan agak cenderung melihatnya dari segi Belanda, dengan memasang protagonis orang Indonesia yang anti-Republik. Nilai buku ini terutama terletak pada keberanian pengarang untuk mengisahkan konflik jiwa seorang anti-Republik semasa revolusi, segi informasinya tentang kehidupan tentara KNIL dan gaya humor pengarang yang kadang-kadang terselip ejekan yang penuh kejut­an. (Jakob Sumardjo)

Dengan bahasa yang khas ”mangunwijayan”, kata-kata majemuk berkadar tinggi untuk menampilkan sebanyak mungkin makna; lucu dan sarat sindiran, novel ini meng­ungkap kepalsuan sekaligus “jatidiri dan citra pengungkapan” manusia. Lalu novel ini menutup diri dengan kesimpulan yang kaya makna, yang tak layak dikemukakan lain daripada apa yang tertulis pada bukunya. (Parakitri, harian Kompas)

Karya sastra yang besar selalu mengimbau angan-angan kita untuk bergerak dengan leluasa di dalam ruang jagatnya. Untuk menemukan makna bagi kehidupan kita sendiri. Burung-burung Manyar telah sanggup memberikan makna itu. (Subagio Sastrowardoyo, Tempo)

Banyak hal yang menjadikan buku ini menarik. Bukan saja gaya bercerita Y.B. Mangunwijaya yang khas, bahasanya yang hidup dan mampu membawa pembaca ke alam pikiran sang tokoh. Juga bukan lembaran sejarah yang dibuka kembali, dengan titik pandang yang hingga kini jarang ditemukan dalam sastra Indonesia. Mariane Katoppo, Sinar Harapan)

Selain kaya dan dalam, dipandang dari sudut pusat pengisahan, roman ini menarik. Cara menghadirkan tokoh pun diperhitungkan dengan cermat. (Th. Sri Rahayu Priyatmi, Universitas Diponegoro)
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Sakinah, 16 October, 2018Rating: 4 dari 5 Bintang!
Pelayanannya baik, kekurangan stok diberi tahu melalui email. Pengemasan baik, namun prosesnya agak lama.
Buku ini bagus sekali sekalipun untuk dibaca remaja. Menggambarkan sejarah dengan apik dengan dibumbui romansa antara tokoh utamanya dan seorang wanita impiannya.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Perahu Kertas
Dewi 'Dee' Lestari
Rp62.100 Rp69.000
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3)
Suharsimi Arikunto
Rp98.100 Rp109.000
Instalasi Listrik Dasar (Edisi 3)
Trevor Linsley
Rp189.000 Rp210.000
Kamus Ilmu Nahwu dan Sharaf (Edisi 2)
Iman Saiful Mu'minin
Rp114.300 Rp127.000
Ekonomi Makro Islami (Edisi 3)
Adiwarman Karim
Rp80.100 Rp89.000
(Kembali Ke Atas)