Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Filsafat

Bioetika: Mendiskusikan Pertanyaan Dasar Tentang Hidup Manusia yang Menyangkut Berbagai Disiplin Ilmu

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.42
Tahun 2018
ISBN 9789797099893
Penerbit Buku Kompas
   Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Manajemen Kinerja (Edisi 5)
Wibowo
Rp121.500 Rp135.000
Manajemen Perguruan Tinggi Modern
Richardus Eko Indrajit
Rp115.200 Rp128.000
Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian
Wirawan
Rp80.100 Rp89.000
Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum
Buchari Alma
Rp52.200 Rp58.000
Lainnya+   

Sinopsis

Berhadapan dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, manusia dihadapkan pada dua hal, yaitu kesejahteraan sekaligus pelemahan penghargaan terhadap kemanusiaan. Buku ini memaparkan prinsip-prinsip rasional etis yang dapat digunakan saat kemanusiaan dipertaruhkan, baik dalam pelayanan kesehatan maupun dalam hidup sehari-hari.
 
Persoalan konkret menyangkut hidup-mati manusia, seperti donor organ, tindakan medis, keikutsertaan dalam penelitian, juga eutanasia dibahas dengan perspektif martabat manusia dan hak manusiawi. Buku ini ingin menegaskan bahwa dalam tindakan medis maupun penelitian, manusia ditempatkan sebagai pusat dan bukan korban dari ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
Buku ini perlu dibaca, bukan hanya oleh dokter, peneliti, dan petugas medis, tetapi terutama oleh masyarakat yang sering kali ada dalam posisi pasien atau subjek penelitian.
 
C.B. Kusmaryanto merupakan dosen Bioetika di Paskasarjana Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta dan Fakultas kedokteran di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Aktif sebagai anggota Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan (KNEPK) dan Komisi Bioetika Nasional (KBN). Mendapatkan gelar Doktor dari Universitas Gregoriana di Roma, Italia tahun 2004.
 
Menulis banyak buku berhubungan dengan tema bioetika, beberapa di antaranya, Problem Etis Kloning Manusia (2001), Stem Sel: Sel Abadi dengan Seribu Janji Therapi (2005), Tolak Aborsi: Budaya Kehidupan versus Budaya Kematian (2005), dan lain-lain.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)