Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Psikologi & Pengembangan Diri    Psikologi

Batas Nalar: Rasinalitas dan Perilaku Manusia

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.40
ISBN 9786024243302
Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp75.000
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Nalar sering dianggap dapat membawa ke arah kebajikan. Semakin bernalar seseorang semakin bajik dia. Buku ini menunjukan bahwa dugaan itu keliru. Dengan menggunakan pendekatan multidisiplin, mulai dari biologi evolusioner, psikologi sampai neurologi, Calne memperlihatkan bahwa nalar ternyata tidak berperan dalam menentukan kebajikan atau tujuan manusia. Nalar hanyalah piranti semata, sehingga tidak berdasar bila dianggap bermuatan moral. Itulah mengapa kaum cendekiawan Jerman yang sangat bernalar pun, misalnya, bisa berbondong-bondong mendukung Nazi Jerman.

Sebaliknya, bersikap antinalarjuga keliru. Nalar telah membawa manusia kepada peradaban yang luar biasa. Di bidang sains, misalnya, nalar memungkinkan manusia memperoleh hukum-hukum baru mengenai alam atau bidang-bidang baru sepeti mekania kuantum dan bilogi melekuler. Di bidang seni, nalar membuat manusia mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi dalam musik atau menetapkan dalil perspektif dalam lukisan.

Buku ini memberi wawasan baru tentang hakikat dan peran nalar yang sesunguhnya. Dengan wawasan baru ini kekecewaan atas gejalanya harapan-harapan muluk yang dibebankan kepada nalar, yang selama ini ditampilkan nyaris seperti dewa, kiranya tidak terjadi lagi.

(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)