Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Umum

Aspek Hukum Sewa Rahim: Dalam Perspektif Hukum Indonesia

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.21
Tahun 2016
ISBN 9786026322210
Penerbit Refika Aditama
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp28.800 Rp32.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Buku ini merupakan hasil penelitian yang didanai oleh Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, dengan melakukan studi banding ke Singapura dan India dan juga studi literatur ke beberapa negara lainnya. Buku ini pada awalnya menggambarkan terlebih dahulu mengenai pengertian Surrogate Mother dan Jenis Surrogate Mother, kemudian menjelaskan kondisi praktik Surrogate Mother saat ini, baik di Indonesia maupun di beberapa negara di dunia, serta membahas mengani status hukum anak yang lahir dari surrogate mother yang mempunyai kemungkinan yang unik terkait dengan siapa yang disebut sebagai orang tua. Dalam traditional surrogacy maka yang menjadi ayah dan ibu biologisnya adalah laki-lai yang memberikan sperma dan surrogate mother dari mana ovum itu berasal.

Yang dibahas dalam buku ini antara lain adalah kedudukan Surrogacy Agreement menurut Hukum Perjanjian di Indonesia, status hukum anak yang lahir dari Surrogate Mother, pengaturan pelaksanaan Surrogate Mother di beberapa negara sebagai perbandingan, dan pengaturan Surrogate Mother di Indonesia.

Pada bagian akhir buku ini, dijelaskan bahwa Indonesia belum memiliki aturan yang spesifik mengatur mengenai Surrogae Mother, oleh karena itu pelaksanaan Surrogate Mother yang terkait dengan perjanjian surrogate tidak dimungkinkan dilakukan di wilayah hukum Indonesia. Status anak yang lahir dari surrogate mother dalam kaitan dengan pengaturan Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, bahwa anak tersebut merupakan anak sah dari Surrogate Mother, bukan anak dari orang tua yang menitipkan benih di rahim surrogate mother. Telah dilakukan perbandingan dengan beberapa negara seperti Singapura dan India, dari hasil penelusuran data disimpulkan bahwa terdapat negara-negara yang menolak dan terdapat pula negara-negara yang dapat menerima keberadaan surrogate mother. Sehubungan dengan banyaknya praktik yang dilakukan oleh masyarakat terkait dengan surrogate mother, kami merasa perlu dibuat aturan yang akan berperan sebagai panduan dalam pelaksanaan surrogate mother yang dimaksudkan untuk adanya ketertiban dan kepastian hukum.

(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Penyitaan dan Eksekusi
Zulkarnaen
Rp63.000 Rp70.000
Hukum Hak Kekayaan Intelektual
Ermansjah Djaja
Rp177.300 Rp197.000
Badan Hukum dan Kedudukan Badan Hukum Perseroan, Perkumpulan, Koperasi, Yayasan, Wakaf
R. Ali Rido
Rp72.000 Rp80.000
Cyberlaw: Aspek Data Privasi Menurut Hukum Internasional, Regional, dan Nasional
Sinta Dewi Rosadi
Rp37.800 Rp42.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)