belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Hukum    Hukum Bisnis

Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia

Oleh Mardani
Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.40 kg
Tahun 2015
Halaman 352
ISBN 9786021186770
Penerbit Prenada Media Group
Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga:Rp82.800
Harga Normal:Rp92.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Di Indonesia berlaku sistem ekonomi ganda (dual economic system), yaitu sistem ekonomi konvensional dan sistem ekonomi syariah. Dua sistem ini bergulir sejak dipraktikkannya sistem perbankan syariah, yaitu ditandai dengan lahirnya Bank Muamalat pada 1991. Kemudian ditindaklanjuti dengan lahirnya Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Dalam UU Perbankan tersebut, bank syariah disebut sebagai bank dengan sistem bagi hasil. Lalu pada 1998, disahkan UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas UU No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Dalam UU Perubahan itu sudah digunakan istilah bank dengan prinsip syariah. UU Perubahan itu juga mengatur tentang perbankan sistem ganda (dual system banking), yaitu konvensional dan syariah. Istilah bank syariah dipertegas dengan lahirnya UU No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Selain itu, di Indonesia berkembang pula lembaga keuangan syariah nonbank, yaitu Lembaga Asuransi Syariah, Pasar Modal Syariah, Pegadaian Syariah, DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) Syariah, Koperasi Syariah, Perusahaan dengan Prinsip Syariah, Badan Wakaf, Badan Amil Zakat, dan BMT(Baitul Malwat Tamwil).

Perkembangan lembaga keuangan syariah, baik bank maupun nonbank, diikuti dengan perkembangan regulasi mengenai hukum ekonomi syariah yang merupakan payung hukum berlakunya lembaga keuangan syariah di Indonesia. Regulasi tersebut dalam bentuk Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, Peraturan Bank Indoneisa, Peraturan BAPEPAM-LK (Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan) yang sekarang disebut dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Fatwa Dewan Syariah Nasional, dan PERMA No. 2 Tahun 2008 tentang Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, yang disusun sebagai pedoman hakim pengadilan agama dalam memeriksa dan memutus perkara ekonomi syariah.

Perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia yang signifikan, menjadikan buku ini sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa. Buku ini diterbitkan dengan maksud membantu mahasiswa Fakultas Syariah, Fakultas Hukum (S-1 dan Pascasarjana Ilmu Hukum Konsentrasi Hukum Islam/Hukum Ekonomi Syariah dan Fakultas Ekonomi Prodi Ekonomi Syariah dalam mempelajari mata kuliah Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah . Selain itu, buku ini dapat pula dijadikan sumber bacaan bagi para praktisi hukum dan praktisi ekonomi syariah, para akademisi, dan masyarakat luas yang ingin mengetahui lembaga keuangan syariah di Indonesia.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 PENDAHULUAN

BAB 2 LEMBAGA PERBANKAN SYARIAH

BAB 3 LEMBAGA ASURANSI SYARIAH

BAB 4 LEMBAGA PASAR MODAL SYARIAH

BAB 5 LEMBAGA PENGADAIAN SYARIAH

BAB 6 LEMBAGA DANA PENSIUN SYARIAH

BAB 7 SYIRKAH/MUSYARAKAH(BADAN USAHA/PERUSAHAAN DENGAN PRINSIP SYARIAH)

BAB 8 LEMBAGA ZAKAT

BAB 9 BADAN WAKAF

BAB 10 BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT)
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Investasi Pada Pasar Modal Syariah
Nurul Huda
Rp43.200 Rp48.000
Hukum Jaminan Fidusia dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen (Aspek Perikatan, Pendaftaran, dan Eksekusi)
D. Y. Witanto
Rp60.300 Rp67.000
Kompilasi Hukum Perikatan
Sutan Remy Sjahdeini
Rp90.900 Rp101.000
Metodologi Penelitian Hukum Islam
Faisal Ananda Arfa
Rp63.000 Rp70.000
(Kembali Ke Atas)