belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 Troli
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Arti dan Fungsi Tanah Bagi Masyarakat Batak Toba, Karo, Simalungun

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.25 kg
Tahun 2015
Halaman 152
ISBN 9789794619384
Penerbit Yayasan Obor Indonesia
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp58.500
Harga Normal:Rp65.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Huta, sebagai satuan pemukiman yang penting bagi masyarakat Batak, merupakan suatu unit genealogis dan teritorial. Warga huta diikat oleh hubungan darah dan merupakan keturunan dari leluhur mereka. Mempunyai marga yang sama hanya sebagian kecil - termasuk boru - yang marganya beda. Daerah lingkungan suatu huta bukan hanya tanah perkampungan yang dikelilingi oleh bambu dan tembok tanah, parik, melainkan juga tanah hutan, dan gunung yang ada di dekatnya. Huta merupakan milik warga desa. Tanah pertapakan rumah dan ruang produksi di sekitar rumah merupakan milik perorangan atau keluarga. Unsur huta lainnya merupakan milik bersama seluruh warga desa. Pengalihan tanah milik huta merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga desa, dan dilakukan secara hati-hati. Sementara itu, pengalihan tanah tanah milik perorangan atau keluarga, merupakan tanggung jawab keluarga atau perorangan.

Tanah-tanah adat sekarang ini, yang memiliki nilai guna atau fungsi bagi masyarakat luas cenderung dikelola oleh pemerintah dengan menjadikannya sebagai cagar alam, hutan pelestarian, atau hutan tanaman industri (HTI). Contohnya adalah tanah Hutan Rakyat Bukit Barisan di Tanah Karo. Ruang produksi adalah peruntukan lahan pertanian berupa sawah dan ladang yang memproduksi kebutuhan pangan dan keperluan-keperluan upacara sepanjang daur hidup serta sebagai tempat perluasan dan pemekaran permukiman. Tanah-tanah perladangan tertentu yang merupakan tanah adat hanya dapat dikelola dan diusahakan oleh warga desa.

(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Sanksi Pemidanaan dalam Konflik Pertanahan: Kebijakan Alternatif Penyelesaian Konflik Pertanahan di Luar Kodifikasi Hukum Pidana
Hambali Thalib
Rp59.400 Rp66.000
Tata Guna Tanah dalam Perencanaan Pedesaan, Perkotaan & Wilayah (Edisi 3)
Johara T. Jayadinata
Rp67.500 Rp75.000
Klasifikasi Tanah di Indonesia
Djunaedi A. Rachim
Rp49.500 Rp55.000
Perubahan Sosial: Teori-teori dan Proses Perubahan Sosial Serta Teori Pembangunan
Jacobus Ranjabar
Rp48.600 Rp54.000
Metode Peramalan Sosial: Penggunaan Studi Futuristik dalam Kajian Sosial dan Kebudayaan
Elenora B. Masini
Rp45.000 Rp50.000
(Kembali Ke Atas)