belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Akar Sejarah Etika Pesantren di Nusantara: Dari Era Sriwijaya Sampai Pesantren Tebu Ireng dan Ploso

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.53 kg
Tahun 2019
Halaman 462
ISBN 9786028648295
Penerbit Pustaka IIMaN
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp81.600
Harga Normal:Rp96.000
  Diskon 15%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Islam tidak melulu berisi doktrin dan teologi, tetapi juga tentang keadaban, kebudayaan, dan peradaban. Bukti itu ditunjukkan dengan diutusnya Kanjeng Nabi Muhammad Saw. di muka bumi ini untuk memperbaiki akhlak manusia. Estafet tugas mulia itu diteruskan oleh penyebar Islam awal, terutama Wali songo dan pesantren-pesantren tradisional di Nusantara, yang di dalamnya terdiri dari empat entitas yang menyatu; kiai, santri, kurikulum, danasrama. Keempat pilar inilah yang membentuk generasi beretika.

Dalam upaya tersebut, pendidikan pesantren berpegang teguh pada ajaran Rasul, dengan menjaga tradisi sanad keilmuan yang selektif —di saat yang sama, dengan cerdiknya— mereka menanamkan Islam pada lingkungan sekitar tanpa intimidasi dan memberangus tradisi dan kearifan lokal. Hasilnya, seperti yang kita lihat di berbagai pesantren tradisional sekarang: kearifan lokal terpelihara, sementara nilai-nilai Islami mengakar dan adiluhung. Buku ini menghadirkan bukti antropologis bagaimana Islam rahmatan lil alamin bersenyawa dengan kebudayaan lokal dan hasilnya adalah Islam Nusantara.


“Buku ini memuat sumber-sumber primer dan sekunder yang sangat berguna untuk memahami secara emik dan holistik dunia pesantren, sebuah subkultur yang menjadi akar Islam Nusantara.”
—Agus Sunyoto, penulis buku Mega bestseller Atlas Walisongo, Ketua Lesbumi PBNU
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)