Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Teori-teori Kebudayaan: Dari Teori Hingga Aplikasi

Berat 0.45
Tahun 2013
Halaman 352
ISBN 9789790763692
Penerbit Pustaka Setia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp50.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Teori Budaya
David Kaplan
Rp70.000
Ilmu Budaya Dasar
Djoko Widagdho
Rp68.000
Pengantar Ilmu Antropologi
Koentjaraningrat
Rp86.000
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
Herimanto
Rp68.000
Lainnya+   

Sinopsis

lmu kebudayaan (humanities) merupakan salah satu bagian yang penting untuk dikaji karena menyangkut dinamika perkembangan hidup manusia dan kebudayaannya. Hal ini merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian, kajian ini dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam bidang keahlian yang termasuk dalam pengetahuan budaya (the humanities), sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Kesimpulannya, tujuan kajian teori-teori budaya adalah mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan agar daya tangkap, persepsi, dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus.
Buku ini sangat penting untuk dibaca dan disimak dengan saksama karena di dalamnya diuraikan teori kebudayaan secara detail dilengkapi berbagai contoh budaya lokal di Indonesia. Antara lain dituturkan bahwa, kebudayaan mempunyai fungsi integratif yang memberi dasar dan orientasi bagi anggota masyarakat sehingga menimbulkan semangat, rasa aman, rasa memiliki, dan cita rasa sebagai anggota masyarakat itu. Kebudayaan juga menimbulkan tertib damai hidup bermasyarakat dengan adat istiadat, kebatinan dan kesusilaan; angan-angan manusia yang menimbulkan keseluruhan bahasa, kesusastraan dan pendidikan, serta kesenian yang bersifat indah. Orang luar yang berada dalam masyarakat itu akan merasakan bahwa ia orang baru atau orang luar yang tidak berbagi pemahaman pengetahuan, cita rasa, semangat, ekspresi, dan apresiasi dengan masyarakat tersebut.
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

M.Z. EKo HandoyoM.Z. EKo Handoyo, 01 October, 2018
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat bagus bagi kalangan umum yang sedang mempelajari (ingin tahu lebih lanjut) tentang suatu Kebudayaan yang ada di tengah masyarakat. Lebih khusus lagi buku ini sangat membantu kalangan akademisi, khususnya mahasiswa maupun Dosen Ilmu Sosia Budaya yang sedang mempelajari Kebudayaan yang berlaku di tengah masyarakat. Buku ini tidak hanya memaparkan tentang teorinya saja, namun dalam praktik kebudayaan di suatu masyarakat juga dijelaskan dengan bagus. Penulisnya (Bapak Sulasman) nampak sangat faham tentang hal tersebut, sehingga mampu menyajikan "pemahaman lain" tentang pembelajaran/pengajaran suatu kebudayaan ke tengah-tengah pembaca dengan menarik. Buku ini sangat bagus untuk dimiliki, baik oleh masyarakat umum, pemerhati ataupun pelajar dan mahasiswa yang ingin tahu lebih lanjut tentang Kebudayaan dan aplikasinya di dalam masyarakat.
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
I Nyoman NestrayanaI Nyoman Nestrayana, 23 January, 2018
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku yang sangat bagus terutama untuk yang studi tentang kebudayaan.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
ISMAIL NASARISMAIL NASAR, 08 December, 2017
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Tulisannya sangat menarik.
Buku ini menawarkan gagasan yang bgus tentang budaya dari segi konsep dan realita.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Tambahkan Ulasan
3 dari 4 ulasan.  
Ulasan Lainnya »
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)