Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Pemerintahan

Teori Umum Tentang Hukum dan Negara

Berat 0.90
Tahun 2010
ISBN 9792456236
Penerbit Nusamedia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp234.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Teori Hukum Murni: Dasar-Dasar Ilmu Hukum Normatif
Hans Kelsen
Rp143.000
Konsep Hukum (The Concept of Law)
H.L.A. Hart
Rp141.000
Ilmu Hukum
Satjipto Rahardjo
Rp140.000
Sistem Hukum: Perspektif Ilmu Sosial (The Legal System: A Social Science Perspective)
Lawrence M. Friedman
Rp160.000
Lainnya+   

Sinopsis

Pakar hukum, pengacara, hakim, pembuat undang-undang, dosen, juga mahasiswa, perlu menelaah buku ini agar dapat memahami dan menjelaskan setepat mungkin hukum positif.

Buku ini merupakan salah satu dari Seri Filsafat Hukum Abad XX. Tujuan dari karya ini ada dua: pertama, untuk menyajikan unsur-unsur penting dari teori hukum murni dengan cara yang dapat dipahami oleh pembaca yang hidup dalam tradisi dan suasana Common Law; kedua untuk merumuskan teori tersebut sedemikian rupa sehingga mencakup masalah-masalah dan institusi-institusi hukum Inggris dan Amerika, juga negara-negara lain yang menganut tradisi Civil Law.

Buku ini dibagi ke dalam dua bagian. Teori yang diuraikan secara rinci pada bagian pertama adalah teori umum tentang hukum positif. Hukum positif adalah hukum masyarakat tertentu: hukum Amerika Serikat, hukum Perancis, hukum Meksiko, dan hukum internasional. Teori umum yang dikemukakan disini dimaksudkan untuk menjelaskan secara ilmiah tatanan hukum tertentu yang menggambarkan komunitas hukum terkait. Teori ini sebagai hasil analisis komparatif terhadap sejumlah tatanan hukum positif yang berlainan, menyuguhkan konsep-konsep fundamental yang dapat digunakan untuk memaparkan hukum positif dari suatu komunitas hukum tertentu. Materi utama yang dikaji adalah: norma-norma hukum, unsur-unsurnya, interrelasinya, tatanan hukum sebagai suatu  kesatuan, strukturnya, hubungan antar berbagai tatanan hukum, dan, terakhir kesatuan hukum dalam pluralitas tatanan hukum positif.

Bagian kedua membahas teori umum tentang negara. Dalam bab ini diuraikan dengan detil tema-tema mendasar: hubungan antara hukum dan negara, teori tentang pemisahan kekuasaan, bentuk pemerintahan, bentuk-bentuk organisasi, dan kaitan antara hukum nasional dan hukum internasional. Untuk memperluas wawasan, di akhir buku ini disertakan sebuah lampiran yang sangat penting: Doktrin Hukum Alam dan Positivisme Hukum.

(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Valentino pangalilaValentino pangalila, 26 November, 2019
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Mantap,, tapi sayang covernya mudah lepas
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
AisyahAisyah, 01 May, 2017
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Buku wajib untuk pengantar mahasiswa fakultas hukum. Sebagaimana buku ini menjadi buku referensi dari buku-buku lainnya.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)