Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Teori Kritik Sastra Arab: Klasik dan Modern

Berat 0.39
Tahun 2009
Halaman 254
Ukuran 13.5 x 20.5
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
1

Sinopsis

Apakah Islam dan sastra compatibel (sesuai)? Pertanyaan ini muncul seolah - olah Islam dan sastra tidak ada relasinya. Lihat saja , misalnya, reaksi umat Islam terhadap cerpen "Langit Makin Mendung" karya Kipanjikusmin yang diterbitkan majalah Sastra pada tahun 1968, atau novelnya Nazib Mahfud, "Aulad Haratina" yang dianggap menghina Tuhan, Islam dan Nabi Muhammad. Dahsyatnya lagi reaksi umat Islam novelnya Salman Rusdi, Satanic Verses (Ayat - ayat setan) yang menghalalkan darah penulisnya. Sejatinya, kontroversi ini tidak perlu terjadi jika pendekatan yang digunakan adalah disiplin kesusastraan.

Namun sayang sekali perkembangan ini tidak dibarengi dengan tersedianya buku daras (text-book) mengenai kritik sastra Arab, lebih-lebih yang berbahasa Indonesia. Yang berkembang saat ini berkaitan dengan sastra Arab hanya pada aspek kebahasaan dan sastra Arab saja,belum menyentuh konstruk politik dan budaya Arab. Padahal, dengan semakin besarnya pengetahuan budaya lain, maka akan mempercepat proses dialog kultural masing-masing budaya. Kurangnya minat dan menurunnya kualitas mahasiswa lulusan Jurusan Sastra Arab salah satunya disebabkan oleh kurangnya referensi teks daras kesusastraan Arab.

Buku ini muncul disaat yang tepat di tengah kehampaan teori dan kritik sastra Arab yang berbahasa Indonesia. Buku ini memfokuskan pada teori-teori dasar sastra Arab, perkembangan kritik sastra arab klasik dan modern, dan lain-lain.

Sasaran pembaca: Para dosen dan mahasiswa Jurusan Sastra Arab, Ushuluddin, Akidah Filsafat, Perbandingan Madzhab / Agama di IAIN / UIN maupun universitas umum, pemerhati masalah sastra maupun penggiat sastra.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Daftar Isi

Bagian 1
Teori Dasar Tentang Sastra

Bagian 2
Pengantar Kritik Sastra Arab (Madkhal Ila an-Naqd al-Adabi al-'Arabi)

Bagian 3
Teori Kritik Sastra: Kerangka Makro
Teori Sastra Banding Mazhab Amerika (Teori Sastra Interdisipliner) Plus-Minusnya
Islam dan Sastra: Konseptual dan Praktikal
Sastra dan Politik dalam Sosiologi Sastra: Teori dan Aplikasinya
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

, 29 May, 2012
Rating: 4 dari 5 Bintang!
sangat bagus
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)